FEB Unika Perkenalkan Investasi ke Siswa SMA
Rabu, 27 Januari 2016 | 13:06 WIB

SM 27_01_2016 FEB Unika Perkenalkan Investasi ke Siswa SMASEMARANG, suaramerdeka .com – Untuk memperkenalkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat, menyelenggarakan pelatihan pajak dan investasi pasar modal.

Pendamping kegiatan Rini Hastuti menyatakan, program pengenalan kepada masyarakat terutama kepada siswa SMA ini rutin dilakukan tetapi setiap tahunnya dengan kegiatan yang berbeda.

“Kami pernah mengadakan lomba tetapi setelah dievaluasi, lomba hanya diikuti oleh siswa SMA yang benar-benar siap dan memiliki ketrampilan khusus. Kemudian muncul ide, untuk menyelenggarakan pelatihan yang bisa diikuti banyak orang, tidak membutuhkan keahlian khusus dan ada unsur edukasinya,” kata Rini.

Mengapa pihaknya memilih pajak dan investasi, menurut dosen di Program Studi Perpajakan itu pajak dipilih karena pajak sudah menjadi andalan penerimaan negara. Selain itu pemerintah juga gencar melakukan sosialisasi tidak hanya kepada mahasiswa tetapi juga anak SMA.

“Dengan mengenalkan pajak lebih dini, diharapkan akan ada kepatuhan dan ketika orang patuh membayar pajak maka penerimaannya meningkat. Ada hasil penelitian yang mengungkap hal itu,” tuturnya.

Pengenalan pajak dari dini juga dimaksudkan, agar siswa SMA bisa menghitung pajaknya ketika sudah mempunyai penghasilan pribadi dan melaporkan Surat Pajak Tahunan (SPT). Siswa yang mengikuti pelatihan ini, pada akhir pelatihan pajak kami beri semacam kuis dan yang bisa menjawab akan diberikan hadiah.

Sementara itu Ketua Galeri Investasi Unika Soegijapranata Dr Elisabeth Lucky Maretha Sitinjak menyatakan, pentingnya pengetahuan investasi mengingat prosepek ke depan akan lebih menjanjikan. Dunia investasi di Indonesia 20 tahun lalu dengan 20 tahun mendatang, pasti lebih baik 20 tahun mendatang. (Puthut Ami Luhur / CN26 / SM Network)

sumber : berita.suaramerdeka.com

Kategori: