FEB Unika Kenalkan Siswa SMA Dengan Pajak dan Investasi
Rabu, 27 Januari 2016 | 19:44 WIB

IMG_4724Pelatihan Pajak dan Pelatihan Investasi (PAPI) bagi para siswa SMA/SMK sekota Semarang telah diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata pada hari Selasa (26/1) bertempat di ruang Theater, gedung Thomas Aquinas lantai 3 dan  ruang CCPA, gedung Yustinus Unika Soegijapranata.

“Latar belakang diadakannya kegiatan pelatihan ini untuk mendukung program pemerintah yang saat ini sedang gencar dalam mensosialisasikan kepatuhan pajak kepada para wajib pajak,  disamping pertimbangan lainnya yaitu masih minimnya pengetahuan pajak di masyarakat, dan Unika Soegijapranata sebagai PTS yang mempunyai Progdi Pajak, terpanggil untuk membantu pemerintah dalam mensosialisasikan pengetahuan tentang pajak secara praktis kepada para sisiwa, sehingga diharapkan para peserta pelatihan akan dapat membantu orang tua atau saudaranya yang sudah memiliki NPWP untuk mengisi SPT” ungkap Rini Hastuti, SE., M.Si sebagai pendamping panitia PAPI.

“Para siswa juga termasuk wajib pajak potensial di masa yang akan datang, sehingga pengenalan pajak sejak dini kepada para siswa akan sangat membantu mereka pada waktu tiba saatnya mereka harus menjadi wajib pajak, karena suatu saat mereka akan mempunyai penghasilan, dan dengan mempunyai penghasilan mereka akan memiliki NPWP, dan dengan memiliki NPWP tentunya mereka harus mengisi SPT” tambah Rini.

Selain dikenalkan tentang pajak, para peserta juga dilatih teknik berinvestasi. Hal tersebut untuk memberikan peluang bagi para siswa untuk mengenal dunia investasi sebagai sektor non formal yang bisa digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan baik dilakukan sendiri maupun untuk kepentingan orang lain.

Menurut Vido sebagai Ketua Panitia kegiatan PAPI, kegiatan pelatihan ini dikemas dalam bentuk edukasi dan kompetisi serta tidak dipungut biaya sepeserpun. “Kami mengusung konsep Fun Competition dimana kompetisi ini tidak terlalu formil, namun cukup menyenangkan bahkan tidak terasa seperti kompetisi karena kami mencampurkan antara pelatihan dengan kompetisi,” jelasnya.

“Dalam pelatihan investasi para siswa akan diajarkan teknik berinvestasi, kemudian para siswa akan diberi kesempatan untuk bermain investasi selama satu bulan di mulai sejak pelatihan, dan akan di follow up terus, sehingga para peserta akan benar-benar merasakan bagaimana praktek berinvestasi selama satu bulan dan akan melihat hasilnya setelah satu bulan kemudian,” tandasnya.

Dr. Elizabeth Lucky Maretha sebagai kepala galeri investasi BEI FEB Unika juga memberikan kiat-kiat bagaimana cara melakukan investasi,

“Siswa SMA/SMK perlu dikenalkan bagaimana cara mengelola investasi. Siapa tahu setelah pulang dari kegiatan ini mereka bisa menyisihkan uang sakunya untuk dipergunakan dalam pembukaan Investasi. Tak menutup kemungkinan kegiatan ini bisa membuat mereka mengenal dunia Investasi secara nyata.” sambutnya. (Ign)

Kategori: ,