16 Mahasiswa Unika Internship di 3 PT Asia
Senin, 11 Januari 2016 | 8:36 WIB

Dekan FTP dan Koordinator Internship (depan, tengah) saat berpose bersama 16 Mahasiswa yang Berangkat ke Luar Negeri (Foto sugeng I)SEMARANG (KRjogja .com)– Enambelas mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang segera menjalankan program internship (magang) penelitian di 4 perguruan tinggi (PT) Thailand, Filipina dan Taiwan. Selama di sana mereka dibimbing langsung oleh profesor PT setempat serta pembimbing dosen senior Unika.

Dekan FTP Unika Soegijapranata Semarang Dr Kristina Ananingsih dan Koordinator Internship Dea N Hendryanti kepada pers di kampus setempat Jumat (8/1) menyatakan 16 mahasiswa semester 6 program Teknologi Pangan serta Program Nutrisi dan Teknologi Kuliner ini akan magang penelitian selama 3 bulan di Assumption University (AU) Thailand 4 mahasiswa, Institute of Nutrition Mahidol University (INMU) Thailand 3 mahasiswa, Fu Jen Catholic University (FJU) Taiwan 6 mahasiswa dan University of San Carlos (USC) Filipina 3 mahasiswa. Kamis sore, 16 mahasiswa tersebut dilepas oleh Dekan setelah sebelumnya mendapat pembekalan pra keberangkatan.

“Usai internship di PT 3 negara ini mereka akan seminar di Unika hasil yang mereka capai serta meneruskannya sebagai bagian skripsi dengan masih melibatkan pembimbing asal PT tempat dia internship dan dengan pembimbing Unika. Program akan berakhir Maret mendatang dan program ini sudah Unika lakukan sejak tahun 2009 lalu sebagai upaya peningkatan mutu penelitian mahasiswa serta pengajaran di Unika Soegijapranata karena PT partnerbiasanya kami pilih khusus PT yang memiliki banyak keunggulan dibanding PT Indonesia, di antaranya di bidang teknologi” ujar Kristina.

Lebih lanjut menurut Dr Kristina Ananingsih, selain diteruskan dalam bentuk skripsi, mahasiswa usai menyelesaikan internship juga dituntut melakukan seminasi hasil penelitia lewat seminar atau forum ilmiah lainnya serta penulisan jurnal ilmiah. Dengan sudah adanya MOU dan beberapa kali kunjungan pejabat Unika Soegijapranata Semarang ke 4 PT tujuan internship dan sebaliknya, semakin mempermudah kerjasama internasional ini dilakukan. FJU Taiwan dikenal kuat di bidang bio teknologi, AU Thailoand kuat di bidang pengembangan produk, INMU Thailand bagus di bidang functional foodnya, serta USC kuat di bidang nutrisi kesehatan. (Sgi)

sumber : krjogja.com

Kategori: