Tim Pengabdian kepada Masyarakat Dana Misereor-Aptik Kelurahan Kemijen Bertandang (pamitan)
Senin, 21 Desember 2015 | 9:24 WIB

Sabtu (19/12) Tim Pengabdian kepada Masyarakat dana Misereor-Aptik bertandang (pamitan) ke tempat pengabdian, Kelurahan Kemijen. Dua puluh satu dari 30 UKM binaan, 4 dari 5 pendamping internal, dan Bapak Lurah hadir bersambungrasa dengan 5 bidang perpanjangan tim (healty life style, savety food, nutrition, entrepreneurship and IT , serta infrastructure).

Tjatur Edi Wardono (Lurah Kemijen) pada sambutannya menyatakan terima kasih atas kesediaan para dosen Unika Soegijapranata untuk membimbing, membina, dan mendampingi 30 UKM terpilih. Sebenarnya 3 tahun adalah waktu yang panjang, tetapi terasa singkat. Semua itu sungguh merupakan amalan yang sangat berharga, dan tidak cukup diukur dengan nilai rupiah. Kelurahan Kemijen dengan lingkungan dan sumber daya manusianya pastilah akan meningkat dan berkembang.

Kemijen1Kemijen2

Stefani Lily Indarto (Koordinator Pengabdian kepada Masyarakat di Kelurahan Kemijen) merasa tidak genap 3 tahun sebab menggantikan koordinator sebelumnya yang harus berkosentrasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Kemijen pantas menjadi rumah ketiga, setelah rumah keluarga dan tempat bekerja. Ketigapuluh UKM telah berpartisipasi dengan baik, dan mulai menunjukkan hasilnya. Beberapa UKM dapat meningkatkan produksinya, dan bahkan susu kedelai Ibu Sriyanto telah membuka cabang di Bangetayu-Tlogosari. Diharapkan, mereka mau berbagi dengan UKM yang masih stagnan. Pengabdian tim akan berakhir, tetapi silaturahim akan tetap berlanjut. UKM-UKM pun disilakan untuk bekerjasama dengan Klinik Konsultasi Bisnis (KKB).

No

Bidang

Kegiatan yang telah dilakukan

1

Healty life style

Pelatihan, bimbingan hidup sehat, pendampingan, service learning

2

Savety food

Pelatihan, bimbing keamanan pangan, lomba jajanan sehat, pendampingan, service learning

3

Nutrition

Pelatihan, bimbingan nutrisi, lomba makanan sehat, pendampingan, service learning

4

Entrepreneurship and IT

Pelatihan, bimbing pembukuan, damping pemasaran online, service learning

5

Infrastructure

Pelatihan, studi banding ke Tanahmas, kerjabakti bersihkan anak sungai Kalibanger, lomba rumah sehat, role model, pendampingan proposal, penghijauan

“Berawal dari informasi akan dibangunnya polder di Kelurahan Kemijen, maka muncul kerinduan untuk merubah kawasan yang selalu menerima rob dan banjir menjadi tempat wisata yang mampu memperkenalkan seluruh potensi yang ada. Masyarakat melalui usaha-usaha kecil rumah tangga seharusnya dapat menyediakan kuliner dan produk-produk lainnya, sehingga wisatawan pun akan terkesan dan dapat menjadi penyambung lidah yang positif. Oleh karena itu, dosen-dosen Unika Soegijapranata tertantang untuk menularkan ilmu dan belajar bersama. Pengabdian kepada Masyarakat pun dilaksanakan berkelanjutan, selama 3 tahun. Tentu pengabdian itu membutuhkan daya dan dana serius” kata Sentot Suciarto (Dekan FEB).

Kemijen3

Pudji Sarwono (Pendamping Internal) mengakui adanya [manajemen] lingkaran setan di banyak UKM di Kelurahan Kemijen. Mereka bekerja, tetapi tidak dapat menkuantifikasi tenaga yang telah digunakan. Padahal hutang pun dilakukan untuk melanjutkan usaha yang sudah dimulai. Mereka merasa puas dengan segala keterbatasan yang ada, sehingga enggan untuk bertukar pengalaman, apalagi mengajak tetangga untuk mencoba bekerjasama. “Semoga semua pelatihan, bimbingan, dan pendampingan yang telah dilakukan Tim Pengabdian kepada Masyarakat tertanam kuat, membentuk pola pikir yang baru, dan mewujud dalam perubahan perilaku” tuturnya. (bus)

Kategori: