Saling Adopsi untuk Kemajuan
Selasa, 8 Desember 2015 | 17:41 WIB

Studi Banding LPPM

Pada hari Selasa (8/12) Lembaga Penelitian & Pengembangan pada Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata menerima kunjungan studi banding dari LPPM Unika Atmajaya Jogjakarta di ruang rapat lantai 4 Gedung Mikael. Unika Soegijapranata menyambut dengan baik tamu dari Atmajaya Jogjakarta yang melakukan studi banding. Dalam acara ini, kedua PTS ini saling berbagi pengalaman dan mengadopsi beberapa hal yang bisa diimplementasikan untuk kemajuan LPPM masing-masing PTS.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Wakil Rektor I Dr. Ridwan Sanjaya, Ketua LPPM Prof. Andreas Lako, Dr. Angelina Ika Rahutami, dan dosen-dosen yang mengambil bagian dalam koordinasi bidang di P3M (Pusat Pengembangan dan pemberdayaan Masyarakat). Sedangkan dari Unika Atmajaya hadir Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya sebagai Ketua LPPM, Ir. Y. Hendra Suryadharma, M.T, sebagai Wakil Ketua LPPM, dan dua staf LPPM.

Dalam sambutannya, Dr. Ridwan Sanjaya menyampaikan bahwa sesama Perguruan Tinggi APTIK, saling berbagi pengalaman dan saling adopsi praktek baik di masing-masing LPPM dapat menjadi pendorong bagi kemajuan keduanya. Untuk itu, acara studi banding tersebut dapat dimanfaatkan untuk saling belajar, saling mengisi, atau bahkan menghasilkan solusi bagi permasalahan serupa yang dihadapi bersama.

Menurut Prof. Andreas Lako dalam presentasinya, Lembaga Penelitian & Pengembangan pada Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata terus dikembangkan sebagai penggerak kemajuan di Unika. Sebuah pencapaian yang menggembirakan ketika LPPM Unika boleh beranjak dari level Madya ke level Utama pada tahun 2014. LPPM Unika Soegijapranata yang berada di bawah koordinasinya telah menjadi salah satu faktor pendorong sehingga Unika Soegijapranata masuk peringkat 10 besar PTS terbaik se Indonesia.

Banyak hal yang terus dikembangkan oleh LPPM Unika Soegijapranata di bidang penelitian, pengabdian masyarakat, dan pusat studi. Bidang-bidang yang dikelola oleh LPPM diantaranya ada penelitian dosen, pengabdian masyarakat oleh mahasiswa, pengabdian masyarakat oleh dosen, Forum Doktor, dan Pusat Studi  (PS).

Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Kuliah Kerja Usaha (KKU). Sedangkan Forum Doktor yang merupakan salah satu unit LPPM ini bergerak dalam forum diskusi para ahli mengenai permasalahan di dalam masyarakat. Sehingga dari banyak bidang ini, diharapkan LPPM makin terus mengabdikan diri melalui kepakaran yang dimiliki oleh para doktornya.

Sedangkan PS yang dimiliki oleh Unika Soegijapranata diantaranya PS Wanita (bergerak dalam hal gender, kekerasan pada anak, KDRT), PS Eko Pemukiman, PS Urban, PS Lingkungan, Manusia dan Bangunan (bergerak di lingkup kesehatan lingkungan, pengelolaan limbah, penanganan polusi).

Dengan kerja sama yang dibangun antar dua LPPM ini, diharapkan ke depan mampu melakukan pengembangan bidang-bidang yang akan memperlengkapi kebutuhan masyarakat dan mengaplikasikan ilmu kepada bangsa dan negara. (jow)

Kategori: ,