Sistem Informasi Tampilkan Karya Game dan Buku-Buku
Rabu, 16 Desember 2015 | 16:07 WIB

_DSC0589Dalam rangka menyambut Knowledge Festival pada bulan Maret 2016 mendatang, masing-masing Fakultas dan Program Studi (Prodi) di Unika Soegijapranata mulai menyiapkan diri untuk ikut memeriahkan acara dengan berbagai kegiatan yang akan ditampilkan, tidak terkecuali Prodi Sistem Informasi.

Prodi Sistem Informasi  mencoba mempersiapkan yang terbaik dalam pameran tersebut. Banyak produk yang akan dipamerkan dalam acara ini antara lain beberapa produk game buatan mahasiswa dan dosen, beberapa paper yang sudah dikirimkan oleh mahasiswa dan dosen ke dalam maupun luar negeri, dan tugas-tugas mata kuliah berupa video buatan mahasiswa dengan tema promosi produk. Selain itu, beberapa prestasi mahasiswa dalam kompetisi juga akan ditampilkan, termasuk pada ajang Best-Apps yang diselenggarakan oleh Telkom beberapa waktu yang lalu.

Selain itu  dalam Knowledge Festival mendatang, Prodi Sistem Informasi juga akan menampilkan buku-buku karangan para dosen dan mahasiswa Sistem Informasi yang sudah diterbitkan oleh penerbit nasional. Buku-buku ini berupa panduan dalam pembuatan game di komputer/laptop sampai dengan tablet PC dan smartphone.

Selain booth pameran, Prodi Sistem Informasi juga akan menampilkan demo pembuatan game secara kilat dalam 15 menit di pusat “Knowledge Entertainment”. Game yang akan dihasilkan berupa permainan edukasi yang diharapkan dapat membantu para guru dalam mengajarkan materi secara interaktif dan mudah ditangkap oleh siswanya. Aktivitas ini sebetulnya merupakan bagian dari pengembangan diri mahasiswa Sistem Informasi dalam memperluas kemampuan dengan mengajar ekstrakurikuler pembuatan game di beberapa SMA di kota Semarang, antara lain SMA Karangturi, SMA Kebon Dalem, dan SMA YSKI.

Di dalam seminar yang menjadi bagian acara Knowledge Festival, Prodi Sistem Informasi akan menyampaikan paparan penelitian yang sudah dilakukan oleh masing-masing dosen selama ini. Penelitian-penelitian tersebut antara lain memanfaatkan berbagai alat elektronis yang dikombinasikan dengan game buatan sendiri. Selain itu, juga terkait dengan penerapan game sebagai alat bantu di dalam masyarakat. (jow)

 

Kategori: ,