Mahasiswa Unika Gencar Dilatih Wirausaha
Rabu, 2 Desember 2015 | 14:48 WIB

JTP 2_12_2015 Mahasiswa unika Gencar dilatih wirausaha Jelang Pasar Bebas MEA 2016

SEMARANG – Pasar bebas bertajuk Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) akan diberlakukan mulai awal 2016. Semua produk dari luar bakal masuk bebas di Indonesia. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengusaha maupun pelaku UMKM.

Untuk membekali hal ini, generasi muda harus semakin gencar dilatih berwirausaha model Usaha Kecil Menegah (UKM).

"Kita sudah siap hadapi MEA, dan semua mahasiswa kita juga sudah kita bekali ketrampilan menjadi pengusaha UKM membuat produk makanan. lni penting karena sekaligus memberikan pengalaman bagi mereka bila kelak lulus agar tidak menganggur dan disaingi SDM dari luar," tegas Ketua LPPM Unika Prof Andreas Lako didampingi WR I Dr Ridwan Sanjaya usai membuka "Pameran UMKM dan Workshop" di pelataran Kampus Unika, Selasa kemarin.

Kegiatan juga dihadiri para pengusaha UMKM dari Kelurahan Kemijen, Karangpanas, Kandri Gunungpati dan Sambiroto serta mahasiswa Unika dengan karya produk UKM makanan dari berbagai fakultas.

Menurut Prof Lako, Unika selama ini memang mempunyai binaan berbagai pengusaha UKM di beberapa kelurahan. lni juga sekaligus jemput bola menyerap ilmu para pengusaha home industri agar ilmunya bisa diberikan ke mahasiswa.

"Biasanya mahasiswa kami terjunkan saat KKN dan Kuliah Kerja Usaha (KKU). Setelah mereka mendapatkan ilmu bikin produk makanan dan sekarang inilah hasil mereka kita pamerkan," jelasnya.

Veve, mahasiswi FEB Unika saat ini sudah bisa bikin sop buah dengan rasa yang berbeda. "Saya kebetulan mendapatkan ilmu ,dari pengusaha di Kandri Gunungpati," tambahnya.(gus/mar)

Kategori: