Karya Terbaik DKV Mahasiswa Unika – Buku Mitos Raksasa Jawa Dipamerkan
Jumat, 18 Desember 2015 | 10:43 WIB

JTP 17_12_2015 Karya DKV

SEMARANG-Beberapa produk karya terbaik mahasisiwa dari program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Unika kemarin dipamerkan di halaman Gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata. Karya tersebut diantaranya yang terbaik buatan mahasiswa semester satu, tiga, lima dan tujuh yang bertemakan "Minta Gratis Apa Minta Grafts”.

Beberapa karya dipamerkan, misalnya penemuan mahasiswa mulai dari alat teknologi pemantau pendaki gunung, beberapa inovasi alat pertanian di Desa Kandri Gunungpati. Ada pula yang menjadi pusat perhatian yakni buku raksasa ukuran panjang satu meter dan lebar setengah meter.

"Buku ini yang bikin mahasiswa DKV Unika yang isinya tentang mitos-mitos jawa tradisonal yang tujuannya untuk mengingatkan para remaja.," ujar Chrisma, mahasiswa DKV Unika yang juga ikut dalam pembuatan buku.

Dijelaskan, buku ini isinya berupa pesan dan larangan soal "jangan bersiul di malam hari karena konon bisa datang makluk halus”, kemudian mitos "jangan makan ceker ayam karena bisa membuat tulisan kita jelek" dan mitos "bila kejatuhan cecak konon akan bisa menimbulkan kesialan.

Dengan didampingi Dicky Prastomo Kaprodi DKV Unika, Chrisma menjelaskan, buku mitos Jawa sekarang ini sudah banyak yang dilupakan para generasi muda. Maka mahasiswa DKV Unika sengaja mengupas kembali di daalam buku raksasa ini. "Harapannya generasi muda tertarik dan ingat pesan mitos-motos jawa ini," tandasnya.

Dicky menambahkan, karya mahasiswa DKV Unika ini adalah yang terbaik dipamerkan di akhir semester ini. Karya terbaik mahasiswa di antaranya ada tentang desain informasi (peta wilayah), olah tipografi dalam poster film, desain eksibisi, aplikasi visual dan kreatif visual.

"Pameran ini menarik karena bisa menjadi imajinasi kami para generasi muda. Harapannya semua fakultas juga bisa mengikuti kegiatan yang sama dengan karya mereka," imbuh Tutik, mahasiswa Unika. (gus/mar)

Kategori: