Humas Unika Memantik Spirit Jurnalisme Mahasiswa
Kamis, 10 Desember 2015 | 17:30 WIB

_DSC0589“Keterlibatan mahasiswa untuk berdinamika di dalam kampus sangat penting sebagai wujud kontribusi mahasiswa terhadap kampusnya, salah satu bentuknya adalah liputan kegiatan kampus. Apabila mahasiswa membuat berita, pasti ada dampaknya ke Universitas maka kontribusi mahasiswa sangat diharapkan di kampus Unika ”jelas Dr. Ridwan Sanjaya selaku Wakil Rektor I Unika Soegijapranata, ketika memberikan sambutan acara Workshop Kehumasan untuk ormawa Unika, Jumat (4/12) di ruang hijau, Gedung Mikael lantai 3.

Lebih lanjut Simon Dodit sebagai narasumber workshop sesi pertama tentang jurnalistik, memberikan beberapa contoh terkait liputan kampus.”Adanya kegiatan pameran photography yang diadakan di lorong selasar Gedung Thomas Aquinas misalnya, alangkah baiknya jika kegiatan pameran photography tersebut tidak diadakan sehari saja tetapi beberapa hari, artinya supaya para penikmat photography punya kesempatan yang cukup untuk mengapresiasi pameran, dan lebih bagus lagi jika dapat dipublikasi,” ungkapnya.

Sebagai pemateri kedua, Anggara Purnomosidi juga mengulas lebih dalam tentang teknik-teknik dasar photography yang sebetulnya kalau ingin mendalami secara akademik, membutuhkan waktu selama empat semester.”Sebenarnya kamera itu hanya alat saja, sehingga hasilnya menjadi berkualitas atau tidak, tergantung cara memaksimalkan fasilitas yang ada di kamera itu. Yang perlu dipahami adalah suatu hasil photography dikatakan bagus apabila memenuhi beberapa kriteria, antara lain komposisinya pas, angle-nya tepat, pencahayaannya sesuai, momentnya juga tepat ” urai Anggara.

Di sesi akhir workshop, dihadirkan Mastio R. Gulfara, dalam sesi Broadcasting dan sinematografi. Oleh Tio, para mahasiswa dibekali tidak hanya teknik rekaman tetapi juga dokumentasi, broadcasting dan citizen journalism. Lebih jauh Tio mengatakan ” Khusus untuk Citizen Jurnalism kita harus punya alat pendukung yang berupa alat perekam suara dan alat perekam gambar atau visual ( kamera foto, video hingga HP). Dan alat pendukung tersebut merupakan bukti bahwa apa yang kita tulis dalam berita dapat dipercaya dan dipertanggung jawabkan”  jelas Mastio .

Acara workshop ini ditujukan kepada perwakilan Senat Mahasiswa dan BEM Fakultas maupun Universitas serta dari beberapa HMJ di kampus Unika Soegijapranata, dan secara khusus untuk Team Kronik.(Fys)

Kategori: