Hidup Adalah Anugerah yang Harus Dikembangkan
Rabu, 16 Desember 2015 | 8:19 WIB

IMG_6104-1Kurnia Steven Wijaya, mengatakan, “Saya bukanlah lulusan terbaik, tetapi saya mewakili teman-teman angkatan saya.. semua, kami adalah lulusan yang terbaik.” Perkataan yang begitu rendah hati dan tetap menginjak bumi, walaupun dia merupakan wisudawan terbaik Unika Soegijapranata dari Fakultas Teknik program studi Teknik Sipil. Putra pasangan Michael Agus Widjaja dan Febe Ida Rahajoeni ini juga merupakan Ketua Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil (KMTS) serta aktif sebagai anggota GLORY 5 (Group of Leader On Research and Society). Bahkan sebelum aktif di dunia perkuliahan, Steven telah bekerja sebagai freelance event organizer sejak lulus SMA. Dari rekam jejaknya selama berkuliah membuktikan bahwa kuliah juga dapat berjalan bersama dengan aktif di organisasi.

Bersama partnernya Charles Ardianto Tjandra (*di Teknik Sipil Unika 1 judul skripsi dikerjakan 2 mahasiswa) pria yang lahir di Semarang, 23 Maret 1993 ini memilih judul skripsi “Perencanaan Bangunan Struktur Gedung Bank Mandiri Jl. Veteran, Semarang”, karena ingin mempelajari lebih dalam mengenai perencanaan gedung sehingga dapat bermanfaat di dunia kerja konstruksi yang berhubungan dengan teknik sipil. Bersyukur ia memiliki dosen-dosen yang membagikan ilmunya dengan baik sehingga sangat bermanfaat di saat ia mengerjakan skripsinya.

Pengalamannya selama belajar di Fakultas Teknik program studi Teknik Sipil, Steven mengatakan ada suka maupun dukanya. Sukanya ia memiliki teman satu angkatan yang sangat baik, perhatian, saling peduli, saling tolong menolong , kompak sejak dari awal.
Ia juga memiliki partner sejak semester awal sampai skripsinya, yaitu Charles Ardianto Chandra yang sangat luar biasa dalam membuat skripsi bersama sehingga dapat terselesaikan.

Sedangkan dukanya ia bercerita bahwa ia harus mengulangi kembali judul skripsi sebelumnya yang pernah dibuat, karena judul tersebut ditolak karena memiliki referensi yang hampir sama dengan kakak angkatan sebelumnya, sehingga target wisuda bulan April 2015 tidak tercapai. Ia juga berujar bahwa angkatannya tidak bisa wisuda bersama semuanya di bulan Desember 2015 ini, meskipun rekan-rekan angkatannya sudah hampir menyelesaikan skripsi semua.

Ketika ditanya tips-tips apa saja agar bisa menjadi lulusan terbaik, pria alumni SMA Kristen Terang Bangsa mengatakan perhatikan dosen tiap kali mengajar karena saat ujian pada umumnya tidak jauh dari apa yang dosen jelaskan, kuliahlah dengan serius dan jangan titip absen, karena masih banyak teman-teman di luar yang sangat ingin kuliah tetapi terhalang biaya, kerjakanlah tiap tugas dengan baik, serta jalinlah hubungan dengan teman, kakak atau adik angkatan. Pemilik motto hidup “Saya hidup hanya karena anugerah dan oleh karena anugerah itu saya harus bekerja lebih keras”, setelah lulus dan sebelum wisuda, telah diterima bekerja di PT Wijaya Kusuma Contractors. Ia sangat berterima kasih terhadap Unika karena telah memberi ia pelajaran yang berharga selama mengikuti dinamika perkuliahan di Unika Soegijapranata. (Dhnes)

Kategori: ,