Ekspektasi Tinggi Namun Tetap Rendah Hati
Rabu, 16 Desember 2015 | 8:22 WIB

C360_2015-12-02-11-04-26-471Yoanna Dwitya Arsanti, yang akrab disapa Jojo atau Joana ini telah berhasil menyelesaikan masa perkuliahannya di Unika Soegijapranata dengan sangat baik. Mahasiswa Fakultas Teknik program studi Teknik Sipil ini dinobatkan sebagai salah satu lulusan terbaik Unika periode Desember 2015.

Putri pasangan Hilarion Hartono dan Christiana Minaryanti ini mengangkat judul Tugas Akhirnya “Sistem Pompa Air Bertenaga Surya”. “Sebelum menentukan judul itu saya melalui proses yang panjang dalam pembuatan prototype alat. Jadi saya bukan memilih judul tetapi saya memilih teknologi apa yang ingin digunakan untuk diteliti. Saya diarahkan oleh dosen pembimbing saya untuk mempelajari Teknologi Chopper dan Inverter yang kemudian implementasinya untuk sistem pompa air. Dan kebetulan topik Tugas Akhir saya juga menjadi salah satu penelitian dosen Teknik Elektro, sehingga antara dosen dan mahasiswa bisa saling mendukung dalam proses pembuatan alat dari 0 sampai selesainya laporan TA tersebut”, ujar alumni SMK IPT Karangpanas Semarang, jurusan Teknik Elektronika Industri.

Gadis yang memiliki hobi menyanyi dan membaca novel tersebut juga aktif di dunia organisasi kampus. Ia merupakan anggota dari Resimen Mahasiswa Yon 919/Pamungkas Unika Soegijapranata. Joana juga pernah merasakan dinamika bersama di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Industri (yang sekarang Fakultas Teknik) tahun 2012.   Ia juga pernah diikutsertakan oleh universitas dalam pelatihan Soegijapranata Advanced Leadership Training (SALT) III. Joana mengatakan, “Selama 2 tahun perkuliahan, saya habiskan sembari berjalan-jalan serta menemukan teman-teman baru dalam organisasi dan kepanitiaan.”

Jika ditanya apa suka dukanya selama berkuliah dan menyusun Tugas Akhir, Joana mengatakan salah satu dukanya karena waktu yang dipakai untuk menyelesaikan TA terbilang lama, hampir satu tahun. Ia juga berujar karena Tugas Akhirnya memanfaatkan tenaga matahari melalui komponen bernama Photovoltaic, jadi apabila hendak melakukan percobaan tetapi tidak ada sinar matahari alias mendung, itu juga menghambat kelancaran. Dukanya tidak banyak, selebihnya suka.

Joana bersyukur sekali mendapat bimbingan TA dari Bpk. Dr. Ir. Slamet Riyadi,MT karena beliau membimbing dengan cara yang detail. Hampir setiap hari beliau di laboratorium untuk memantau progress pembuatan alat untuk Tugas Akhir Joana. Teman-teman seperjuangan juga membuat ia tidak merasa sendirian, apa yang sulit dirasakan bersama-sama.

Pemilik motto hidup “Terjadilah padaku menurut perkataan-Mu” mengatakan, “Saya suka mencoba banyak hal dengan ekspektasi yang tinggi, tetapi pengalaman mengajarkan kepada saya bahwa pada akhirnya yang kita cari tetap menjadi orang yang damai. Bermimpi boleh, menginginkan hasil yang maksimal wajib, tapi tetap down to earth atau rendah hati itu perlu.”  (Dhnes)

Kategori: ,