Do Action and Do The Best
Kamis, 17 Desember 2015 | 19:18 WIB

1448970333910Petrus Jean Fridolin, merupakan aktifis mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dengan program studi manajemen S1-S2 yang mendapatkan predikat mahasiswa terbaik untuk wisuda periode desember mendatang dengan IPK 3,71. Pria yang lahir 20 tahun silam, tepatnya tanggal 6 maret 1995 ini merupakan alumni dari SMA KOLESE SEMARANG yang juga merupakan aktifis di SMA nya dulu. Keikutsertaannya dalam berorganisasi, Frido, begitu sapaannya, tidak hanya di SMA saja, namun dia juga aktif di Badan Eksekutif Mahasiswaa Fakultas (BEMF) selama 2 periode, yakni pada tahun 2013/2014 dan 2014/2015.

Pria yang dilahirkan dari keluarga sederhana ini tidak pernah terfikirkan olehnya untuk menjadi wisudawan terbaik apalagi dengan IPK yang sangat memuaskan, “Saya tidak menyangka menjadi wisudawan terbaik, saya hanya selalu berusaha melakukan yang terbaik pada setiap kegiatan baik dalam bidang akademik maupun non akademik” ujar anak dua bersaudara ini.

Dalam skripsinya yang berjudul “Pengaruh Size Effect dan Industri Sektoral Terhadap Month Of The Year Effect di Bursa Efek Indonesia” ini pernah mengalami beberapa masalah dalam menyelesaikan skripsinya, namun bagi pria yang mempunyai motto : Selalu Menghargai dan Mencintai Proses dalam Kehidupan, membuatnya tidak banyak menemui kesulitan. “Prosesnya unik, sedikit ada halangannya akan tapi memang yang namanya skripsi kalau misalkan tak ada halangannya kayaknya kurang menantang, halangannya tak lain pasti dari dosen penguji dan dosen pembimbing yang saya rasa harus membutuhkan pemahaman khusus dalam memahami apa yang disampaikan oleh pembimbing dosen tersebut”jelasnya.

Selama masa kuliahnya, dia juga mendapat banyak pengalaman dari keikutsertaannya dalam berbagai organisasi, tidak hanya hardskill yang didapat, tetapi softskill juga pasti didapat ketika mau meluangkan waktunya untuk berorganisasi, “Di kuliah memang temen-temen mendapatkan hardskill dan hardskill tersebut di dapat ketika kuliah di dalam kelas seperti contohnya ilmu pengetahuan dan semacam teori-teori, akan tetapi ketika berhadapan dengan perkembangan jaman yang sangat pesat seperti pada saat sekarang ini, hardskill saja tidak cukup, jadi butuh softskill, dan softskill tersebut didapat ketika temen-temen berada diluar kelas, so… temen-temen maulah untuk rekoso sitik buat setidaknya ikut kepanitian, dan juga mengikuti ormawa yang ada di unika, karena banyak ormawa di unika yang dapat digunkan untuk mengembangkan diri” tambahnya.

Anak dari pasangan Yohanes Eko Adi Nugroho dan Maria Endang Sri Lestari ini tidak serta merta menggantungkan hidupnya hanya meminta uang kepada kedua orang tua, Frido juga mempunyai bisbis yang dikelolanya. Selaian aktif di kampus, dia juga aktif di karang taruna yang berada di lingkup rumahnya, yakni Jalan Kawi gang V no 110 Semarang.

Frido pun tak lupa memberikan tips untuk menjadi wisudawan terbaik. “Selalu sertakan Tuhan dalam segala kegiatan karena tidak ada yang tidak mungkin jika menyertakan Tuhan.” Buat target rencana untuk jangka pendek dan jangka panjang saat kuliah (bisa berisi target ipk persemester ataupun target kegiatan atau kepanitiaan yang diinginkan)

Buat komitmen diri untuk mau belajar dan tidak cepat puas untuk pencapaian yang sudah didapat. Do Action, lakukan yang terbaik dan jangan banyak mengeluh. (Ajie)

Kategori: ,