ATGW Unika Bentuk Karakter Mahasiswa
Selasa, 22 Desember 2015 | 16:22 WIB

KRONIKArising The Grateful Winner (ATGW) merupakan suatu pelatihan wajib untuk seluruh mahasiswa baru angkatan termuda pada setiap level di Unika Soegijapranata. Target ATGW tahun ini adalah para mahasiswa baru angkatan 2015. Adapun yang menjadi trainer adalah para dosen yang mampu menyajikan materi secara menarik sedemikian rupa, yang muatannya adalah segala sesuatu yang menyenangkan mahasiswa. Ada materi inti atau pokok yang dibungkus dengan cara-cara yang menarik, dinamis, ada banyak tim yang terlibat didalamnya  dan ada sesi untuk para mahasiswa secara konkret terjun ke dalam masyarakat (exposure) .

“ATGW sendiri merupakan pelatihan pengembangan kepribadian yang di desain sedemikian rupa sehingga bisa mengembangkan semangat mahasiswa dalam mengatur dirinya sendiri untuk menjadi pribadi yang kritis, kreatif, visioner, peduli dan tangguh,” jelas Lita Widyo Hastuti, S.Psi., M.Si sebagai Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan.

Penyelenggaraan ATGW dilaksanakan selama  2 hari yang meliputi : hari pertama para mahasiswa mendapatkan materi pembekalan dari para trainer,  hari ke dua mereka akan terjun ke masyarakat  dan di akhir sesi, mereka juga akan merefleksikan semua kegiatan untuk mendapatkan apa yang menguatkan secara pribadi dan manfaat apa yang mereka dapatkan setelah terjun ke masyarakat.

Dalam pelaksanaannya yang lebih banyak mendampingi para mahasiswa di lapangan adalah co trainer, mulai membentuk kelompok sampai dengan turun ke masyarakat (exposure ). Adapun co trainer sendiri disupervisi oleh 4 supervisor yang sudah berpengalaman di ATGW dan sudah mendapat pembekalan.

Setelah semua proses itu dilalui, para mahasiswa akan diminta membuat personal goal setting. Setiap orang akan didampingi untuk membuat rencana apa yang akan dicapai selama menjadi mahasiswa dan kuliah di Unika, tidak hanya akademik saja, tetapi lebih mengarah pada pengembangan diri dan aktualisasi diri dalam organisasi kampus atau kegiatan lainnya yang sifatnya mengembang dirinya.

Selanjutnya dari semua kegiatan para mahasiswa tersebut di follow up dengan didampingi oleh co trainer sebanyak 3 atau 4 kali sampai semester berikutnya, untuk melihat sejauh mana kemajuan dari goal setting yang telah mereka buat, apa saja yang telah dilakukan dll.

Saat ditanya tentang komposisi jumlah trainer di ATGW tahun 2015, ternyata ada perubahan jumlah trainer yang sangat signifikan yaitu untuk ATGW  tahun lalu, jumlah trainer 10 orang, tetapi untuk yang saat ini jumlah trainer hampir 19 orang, yang rata-rata adalah para dosen muda.

Para dosen tersebut, sebelumnya telah mendapat TOT (Training Of Trainer) yaitu pembekalan bagi para trainer, yang mayoritas adalah para dosen baru.

ATGW juga merupakan salah satu prasyarat yang harus dipenuhi sebelum para mahasiswa mengikuti sidang skripsi.

“Untuk ATGW tahun 2016, Unika akan melakukan evaluasi untuk melihat hasil capaian kegiatan selama ini, juga untuk melihat apakah modul ATGW perlu diperbaharui atau tidak. Kita akan undang beberapa alumni ATGW dari angkatan awal, angkatan tengah dan angkatan akhir, untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan masukan atas apa yang teman-teman alumni dapatkan di ATGW sewaktu  dulu masih kuliah, dikaitkan dengan penerapannya di dunia kerja,” pungkas Lita  (Fys)

Kategori: