Wujudkan Reformasi Mental
Kamis, 12 November 2015 | 12:53 WIB

SP 11_11_15 wujudkan reformasi mentalSalah satu gerakan perubahan yang digagas presiden Joko Widodo adalah mengenai revolusi mental. Gerakan ini bertujuan agar masyarakat Indonesia memiliki mental yang positif, jujur dalam bertindak, dan berperilaku baik. Revolusi Mental ini juga perlu dijalankan oleh kaum muda, termasuk mahasiswa.

Beberapa hal yang bisa dilakukan kaum muda untuk berevolusi mental di antaranya menghormati orangtua dan menjaga sikap positif, menghargai masa produktif dengan mengembangkan softskill dan hardskill, mengendalikan diri dari gaya hidup konsumtif, serta tetap rendah hati dan mau dibentuk. "Penerapan revolusi mental sangat penting sekali terutama untuk para mahasiswa yang mayoritas masih muda dan dalam masa produktif," ungkap Yonetha Putri Tantowijaya.

Sarjana Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni sebuah Universitas Katolik Soegijapranata ini berpandangan bahwa generasi muda harus memiliki kemauan dan berani keluar dan zona nyaman. Mereka harus mau belajar menyesuaikan dengan keadaan yang saat ini terus berubah dari segala segmen. "Siapa yang tidak mau berubah, pasti akan punah dengan sendirinya," ujar Yonetha Putri Tantowijaya Yonetha. [161]

Suara Pembaruan : Rabu, 11 November 2015

Kategori: