Unika Datangkan Pakar dari Belanda Bahas Eksistensi Kota Lama
Selasa, 17 November 2015 | 8:48 WIB

MTS 15_11_2015 Unika Datangkan Pakar dari Belanda Bahas Eksistensi Kota LamaMETROSEMARANG .COM – Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Unika Soegijapranata Semarang menggelar seminar heritage city, Sabtu (14/11). Seminar berlangsung di ruang Theater, Gedung Thomas Aquinas itu membahas upaya menjaga eksistensi Kota Lama Semarang agar terus hidup dan berkembang.

Seminar bertajuk “Empowering Partnership and Understanding Social Impact in Heritage Management”. Menghadirkan narasumber dari Belanda Mr Steef Buijs, Drs Boudewijn Goudswaard. Rektor Unika Soegijapranata, Prof Y Budi Widianarko juga didapuk sebagai pembicara.

Untuk mengembangkan potensi Kota Lama, Prof Budi mengusulkan konsep “foodscape” dalam seminar itu. Konsep mengintegrasikan antara potensi kuliner khas Semarang dengan lokasi Kota Lama.

Dia mengungkapkan, Kota Lama secara alami mengalami perubahan yang mengarah ke “city as a foodscape”. Keberadaan aktivitas yang berhubungan dengan kuliner mampu menciptakan peluang-peluang untuk pengembangan Kota Lama.

Makanan, lanjut dia, memiliki peran yang cukup penting. Kuliner selain menarik juga memiliki potensi di bidang pariwisata, yaitu wisata kuliner.

Humas Unika, Agus Yuwono mengatakan, kegiatan seminar  didahului dengan kegiatan worskhop selama tiga hari mulai tanggal 11-13 November 2015. Seminar untuk menggali upaya memberdayakan masyarakat baik dari dalam maupun luar “Kota Lama” untuk menjaga eksistensi Kota Lama sebagai “Heritage city”. (arf)

sumber : metrosemarang.com

Kategori: