Skripsi??? Siapa takut….Nikmati prosesnya…
Jumat, 20 November 2015 | 15:51 WIB

SkripsiUntuk pertama kali Fakultas Psikologi menyelenggarakan sosialisasi skripsi berkonsep party di Selasar Gedung Antonius pada hari Jum’at (6/11) pukul 17.00 dengan 51 Peserta yang berasal dari Mahasiswa Angkatan 2012. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dari Dekanat Fakultas Psikologi dengan perwakilan Wakil Dekan III dan didukung oleh sahabat psikologi yang terdiri dari dosen dan mahasiswa S2 Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata.

Acara ini diselenggarakan untuk membantu mahasiswa Angkatan 2012 yang sedang dalam proses menempuh Skripsi agar dalam pengerjaan skripsi dapat mengerjakan dengan lancar. Pada awal acara, diberikan sambutan dari Dekan Fakultas Psikologi Dr. M. Sih Setija Utami, M. Kes. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan kepada peserta bahwa dalam pengerjaan skripsi tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan percaya akan kemampuan diri sendiri. Semua dosen pasti siap mendukung dan membimbing mahasiswa dalam proses mengerjakan skripsi.

Ditemui secara terpisah, penyelenggara acara yaitu dari Wakil Dekan III, Indra Dwi Purnomo, S. Psi. , M. Psi menjelaskan konsep acara yang diusung dan maksud dari penyelenggaraan kegiatan

“Tujuan dari kegiatan ini adalah mahasiswa mendapatkan tambahan informasi dan ketrampilan tentang sesuatu hal yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan skripsi yang berkualitas, serta mengubah paradigma tentang penelitian yang sulit menjadi mudah dan menyenangkan.”

Kegiatan pertama diawali dengan sesi 1 yang dibawakan oleh Dr. Augustina Sulastri yang menjelaskan bagaimana cara mengerjakan skripsi yang baik dan menceritakan semasa beliau mengerjakan skripsi

“ Dahulu saat  saya mengerjakan skripsi, saya tidak menemukan hal-hal yang sulit. Saya mengerjakan dengan lancar, melakukan penelitian, dan saat sidangpun lancar. Hanya satu kunci dalam mengerjakan skripsi, apakah kita menikmati setiap proses atau tidak.”

Beliau juga berbagi tips-tips bagaimana cara menemukan judul yang baik,cara mencari jurnal serta cara melakukan penelitian dengan baik dan tepat waktu serta sesuai dengan apa yang telah dikonsepkan dalam pembuatan skripsi. Setelah sesi 1 selesai, diadakan sesi konsultasi bersama dengan dosen serta sahabat psikologi. Para peserta menceritakan semua hambatan yang mereka alami selama pengerjaan skripsi. Dalam konsultasi, peserta juga diberikan konseling dalam pengerjaan skripsi, diberikan tips-tips dalam pengerjaan skripsi yang baik dan benar.  (Ign)

Kategori: ,