SERVICE LEARNING JADI METODE PEMBELAJARAN EFEKTIF DI FHK UNIKA
Rabu, 25 November 2015 | 19:38 WIB

MAHUPA (116)Fakultas Hukum dan Komunikasi (FHK) Unika Soegijapranata menyelenggarakan Diskusi Panel Service Learning dengan tema “Kebijakan & Keberpihakan Terhadap Lingkungan dan Kelompok Tersisih”, bertempat di ruang theater Gedung Thomas Aquinas. (24/11)

Dalam acara diskusi service learning ini para mahasiswa mempresentasikan beberapa topik yang disajikan diantaranya; mengenai kesenian Gambang Semarang, Perbaikan Jalan di Pawiyatan Luhur, Pengolahan Sampah Plastik, Penanggulangan Demam Berdarah, Unika bebas polusi asap rokok, Perlindungan Pendidikan terhadap Anak, Ancaman Krisis Identitas Anak panti asuhan, dan masih banyak lagi.

Dalam diskusi panel ini disajikan beberapa perwakilan presenter dari beberapa kelompok mahasiswa angkatan 2012 dan 2013 yang telah melaksanakan service learning terkait mata kuliah hukum pemerintahan daerah, hukum lingkungan dan hukum perlindungan anak. Tidak ketinggalan ada pameran panel majalah dinding kreatif mengenai service learning yang dilakukan oleh angkatan 2014.

Di Fakultas Hukum sendiri sudah beberapa mata kuliah yang menerapkan metode ini. Para mahasiswa akan dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang terbagi dalam 5 orang. Kelompok-kelompok ini akan menentukan topik permasalahan sesuai mata kuliah yang dipilih lalu menggali masalah dengan berbagai metode pengumpulan data (wawancara, survei, observasi, dsb) untuk mendapatkan data akurat yang mendasari latar belakang proyek mereka ini. Setelah didapatkan hasil dari service learning tidak ketinggalan yaitu publikasi yang akan di terbitkan di surat kabar nasional. (jow)

Kategori: ,