Sambut Pilkada dengan Game Buatan Sendiri
Senin, 30 November 2015 | 16:16 WIB

SM 30_11_2015 Sambut Pilkada dengan Game Buatan SendiriDalam sepekan ke depan, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember akan memasuki masa tenang. Berbagai bentuk sosialisasi dari masing-masing calon pasangan kepala daerah sampai dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkejaran menghiasi berbagai ruang publik, termasuk media cetak dan media sosial di internet.

Beberapa tim sukses bahkan tampak gencar melakukan sosialisasi di Facebook dan blog untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan, termasuk menayangkan klip video pasangan calon kepala daerah dan program kerjanya melalui YouTube. Penggunaan media intemet merupakan jalan keluar karena terlalu banyaknya media promosi konvensional yang bertebaran di jalanan kota sudah tidak lagi bisa digunakan untuk mempromosikan program-program yang diusung dalam pilkada.

Bahkan saat ini tampak berbagai media promosi konvensional lebih mengandalkan bentuk visualisasi yang mudah diingat oleh pengguna jalan, dengan menonjolkan bentuk angka atau huruf yang mencolok dan menjadi ciri khas pasangan calon wali kota.

Bagi pemilih pemula dan anak muda, teknik promosi seperti itu seringkali tidak mempunyai arti apapun dalam penentuan keputusan. Tanpa adanya informasi dan data yang dapat diserap oleh mereka dapat membuat mereka semakin apatis apalagi berkepentingan untuk memilih dalam Pilkada.

Sosialisasi Peserta

Padahal berdasarkan data KPU, pemilih pemula secara nasional yang jumlahnya mencapai 1,8 juta orang bisa menjadi penentu kemenangan di dalam Pilkada 2015. Sebab, dalam persaingan ketat antarkandidat di dalam satu daerah, sedikit suara saja sangat menentukan keberhasilan dalam mengungguli pasangan lainnya.

Selain menggunakan media yang sudah ada, pembuatan game sederhana dapat digunakan untuk melakukan sosialisasi peserta Pilkada atau bahkan bisa untuk mengajak anak muda ikut serta dan datang menggunakan hak pilih di TPS.

Apabila game yang dihasilkan bisa dimainkan melalui gawai (gadget), maka promosi melalui game mempunyai peluang untuk diakses oleh anak-anak muda atau bahkan masyarakat perkotaan secara lebih luas.

Seringkali yang menjadi kerisauan adalah tingkat kesulitan pembuatan game dan kemungkinan game dapat dibuat oleh orang-orang awam yang tidak mempunyai latar belakang pemrograman komputer. Dengan adanya perangkat lunak RPG Maker MV, kerisauan semacam itu dapat terobati.

RPG Maker MV yang baru saja dirilis pada akhir Oktober 2015 memberikan kemudahan bagi semua orang untuk membuat game tanpa harus belajar pemrograman komputer sebelumnya. Dengan mengandalkan imajinasi dan informasi, setiap orang dapat memiliki kreasi game sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Dengan gaya permainan peran atau role-playing game (RPG), pemain dapat menentukan sendiri informasi mana yang akan dibaca dan dipelajari dalam game Pilkada 2015. Pembuat game juga dapat mengarahkan pada berbagai alternatif pilihan yang bisa diakses oleh semua pemain.

Berbasis HTML5

Informasi yang disampaikan bisa berupa keseluruhan calon pasangan kepala daerah secara bersama-sama, informasi profil dan program-program masing-masing calon pasangan kepala daerah, atau waktu dan tempat pilkada berlangsung.

Informasi yang komprehensif tersebut akan banyak membantu pemilih pemula dan anak muda dalam mengakses informasi secara interaktif, menyenangkan, dan secara mudah dari gawainya di tangan masing-masing.

RPG Maker MV merupakan keluaran terbaru di penghujung 2015 dari perusahaan Degica Jepang yang sudah banyak menghasilkan berbagai macam varian RPG Maker. Perbedaannya, jika varian RPG Maker sebelumnya hanya bisa dijalankan melalui komputer desktop, keluaran terbaru ini dapat dimainkan di berbagai sistem operasi.

Karena game yang dihasilkan berupa program berbasis HTML5, maka komputer desktop maupun gawai berbasis Android dan iOS juga dapat memainkannya melalui web browser masing-masing. Bahkan dengan pengolahan lanjut, game berbasis HTML5 ini dapat dikonversi menjadi program permainan untuk Android atau iOS yang dapat dimainkan tanpa menggunakan web browser.

Untuk mencobanya, tersedia versi percobaan program RPG Maker MV yang bisa diunduh melalui alamat www.rpg-makerweb.com/products/programs/rpg-maker-mv. Setelah mengunduh dan memasangnya di dalam komputer, tersedia waktu penggunaan hingga 30 hari sebelum Anda memutuskan untuk membeli lisensinya. (38)

Ridwan Sanjaya
Dosen Game Technology Unika Soegijapranata

Tautan Permainan:

  1. Game Pilkada (Android)
  2. Game Pilkada (Web)

 

Kategori: