Pradiklap KSR Unika
Jumat, 20 November 2015 | 16:49 WIB

Pelatihan KSRPukul masih 09.00 pagi, tapi panas matahari sudah terasa menyengat dikulit. Namun tidak membuat turun semangat para calon anggota KSR  untuk mengikuti Pradiklap (pra pendidikan lapangan). Meski berpanas panasan, para calon angota KSR ini tetap antusias mengikuti rangkaian acara pradiklap (30/10). Pradiklap dilaksanakan di Pendopo Unika Soegijapranata di Area Hutan Kota Tinjomoyo ini, diikuti oleh 16 calon anggota yang semuanya berasal dari angkatan 2015.

Tujuan diadakan pradiklap ini adalah mempersiapkan para calon anggota KSR untuk menghadapi Diklap yang rencananya akan diadakan bulan November ini. “ Melalui pradiklap ini diharapkan para calon anggota KSR dapat  mempraktekkan ilmu yang diperoleh selama ini” ujar Liliana, Anggota KSR

Tema yang diterapkan untuk pradiklap ini adalah Bertanggung jawab, Keberanian, Kepedulian dan ketangguhan. Dengan dasar tema tersebut para calon anggota KSR mampu mempunyai sifat sifat tanggung jawab, berani, peduli dan tangguh dalam setiap melakukan tindakan serta menerapkan 7 prinsip kepalang merahan.

Acara yang diadakan di pendopo Unika Soegijapranata dan di tinjomoyo ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama adalah penanganan pertama korban yaitu calon anggota dilatih untuk mampu menilai kondisi fisik korban kemudian menindak lanjuti pada penanganan selanjutnya. Sesi berikutnya adalah survival yaitu calon anggota dilatih untuk mampu bertahan hidup dan menyelamatkan korban dari kondisi tak menentu sampai bala bantuan datang. (Dhn)

Kategori: ,