Magister Profesi Psikologi Unika raih Akreditasi B
Jumat, 6 November 2015 | 10:45 WIB

_DSC0714“Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata adalah satu-satunya program magister profesi psikologi pertama di Indonesia yang sudah terakreditasi B dari sejumlah 19 program studi profesi psikologi  di Indonesia” demikian ungkap Dr. Y Bagus Wismanto, M.S sebagai ketua program studi Magister Profesi Psikologi.

Magister Profesi yang sudah berdiri sejak tahun 2004 ini memiliki 4 bidang konsentrasi yang meliputi psikologi Industri & organisasi, klinis anak , klinis dewasa, dan pendidikan. Dari kurun waktu yang sudah cukup lama tersebut Magister Profesi Psikologi juga sudah meluluskan para psikolog yang sudah berkarya di masyarakat. Seperti halnya, Rm Servatius Samuel, S.Psi., M.Psi sebagai salah satu alumnus Program Magister Profesi Psikologi Unika,  yang saat ini  telah memiliki Lembaga Psikologi Terapan di Kota Pangkal pinang, mengungkapkan rasa kegembiraannya tatkala mengetahui bahwa Magister Profesi Psikologi Unika terakreditasi B.

“Pengalaman ilmu yang saya dapat selama menempuh perkuliahan di Magister Profesi Psikologi khususnya dan Unika Soegijapranata pada umumnya, sangat aplikatif sehingga ilmu tersebut tidak hanya ilmu yang kita dapat,  tetapi  juga aplikasinya dalam kerja secara konkrit, sehingga saya merasa diuntungkan dan disupport oleh para dosen, tenaga kependidikan serta teman-teman sesama mahasiswa untuk mendalami ilmu secara maksimal. Artinya saya tidak salah memilih Unika Soegijapranata sebagai tempat belajar untuk mempersiapkan kehidupan saya selanjutnya” jelas Rm Servatius Samuel, S.Psi., M.Si .

Ditanya mengenai pengaturan Jadwal perkuliahan, maka untuk Magister Profesi Psikologi yang bertempat di Gedung Thomas Aquinas lantai 4 Unika ini, jadwal kuliahnya adalah pagi hari mulai hari Senin sampai dengan hari Kamis. Berkaitan jadwal kuliah tersebut maka rata-rata para mahasiswanya sebagian besar adalah para mahasiswa fresh graduate yang memang belum terikat kerja di suatu instansi atau lembaga.

“Untuk menjadi Program Magister yang bisa leading, maka program magister tersebut harus mempunyai keunikan sehingga bisa menjadi ciri Universitas, Keunikan tersebut misalnya untuk Magister Lingkungan dan Perkotaan dengan Diskusi Rabu, Magister Manajemen dengan kegiatan camp ke rumah penduduk, dan Magister Profesi Psikologi dengan 4 bidang konsentrasi yang bisa dipilih oleh para mahasiswa magister saat memutuskan kuliah di Magister Profesi Psikologi ” jelas Dr. Ir. Lindayani, MP, Dekan Pascasarjana Unika Soegijapranata. (ags)

Kategori: