Magister Hukum Angkatan XX Unika Gelar Presentasi Seminar KKL Singapura – Malaysia
Senin, 9 November 2015 | 13:01 WIB

KKL Magister HukumKegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang diselenggarakan oleh mahasiswa Magister Hukum Konsentrasi Hukum Kesehatan beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 17 – 22 Oktober 2015 di Singapura dan Malaysia telah usai. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan maksud untuk mempelajari lebih jauh tentang sistem manajemen dunia kesehatan di negeri jiran Malaysia dan Singapura. Kegiatan KKL ini diikuti oleh mahasiswa angkatan XX Magister Hukum Konsentrasi Hukum Kesehatan.

“Dalam kegiatan kunjungan ke Singapura dan Malaysia ini, mahasiswa peserta KKL dibagi  menjadi 6 kelompok, selanjutnya setiap kelompok diberi tugas yang berbeda. Hasil dari tugas kelompok tersebut kemudian dipresentasikan dalam kegiatan Seminar KKL sekarang ini” Ujar salah satu peserta, Mochammad Rifangi.

Pelaksanaan seminar KKL dilaksanakan pada hari Sabtu (7/11) bertempat di Selasar Gedung Thomas Aquinas mulai pukul 11.00 wib. Kegiatan ini dimoderatori oleh Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, yaitu Bapak Drs. H. Hermawan Pancasiwi, BA. MSi.

Penyajian presentasi dilakukan oleh perwakilan kelompok yang masing-masing terdiri dari 2 orang wakil. Adapun jadwal presentasi dibagi menjadi 2 kloter dan setiap jeda presentasi diadakan sesi tanya jawab dari peserta kepada presenter.

Untuk kloter pertama yang maju berasal dari kelompok 1, 2 dan 3 yang mempresentasikan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta membahas tentang dampak dari kabut asap yang terjadi di Malaysia dan Singapura, kelompok lain mengulas juga tentang materi perkuliahan yang diselenggarakan di Universitas Malaya tentang hukum yang berlaku di Malaysia yang mengadopsi sistem hukum dari Inggris, serta hukum kedokteran yang berlaku di Malaysia dan Implementasinya.

Sedangkan kloter kedua berasal dari kelompok 4, 5 dan 6 yang membahas tentang pengelolaan Rumah Sakit di Malaysia, Jaminan Kesehatan yang ada di Malaysia, dan Pengaruh sertifikasi terhadap perlindungan konsumen. (Ign)

Kategori: ,