Kunjungan FPPT Jawa Barat ke Perpustakaan Unika
Senin, 23 November 2015 | 8:23 WIB

Perpust1Sebuah kebanggaan bagi Unika Soegijapranata karena dipilih menjadi lokasi pembelajaran perihal kepustakaan oleh FPPT Jawa Barat (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Jawa Barat) (12/11). Beberapa perwakilan dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Bandung ikut serta dalam study banding ini.

Kegiatan kunjungan  diisi dengan diskusi kelompok, kesempatan untuk bertanya jawab pada waktu keliling mengunjungi unit-unit dalam perpustakaan Unika, serta sharing pengalaman dari Rikarda Ratih Saptaastuti, S.Sos selaku Kepala UPT Perpustakaan Unika Soegijapranata mengenai profile perpustakaan Unika, SDM yang ada serta fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan untuk mahasiswa dan dosen. Tidak ketinggalan juga kehadiran Dr. Ridwan Sanjaya selaku WR I dalam mengisi sesi sharing ini.

Dr. Ridwan Sanjaya  juga menyampaikan mengenai evolusi perpustakaan pada umumnya dari  jaman dulu hingga sekarang, yang mau tidak mau seiring perkembangan teknologi menjadi makin canggih sehingga perpustakaan Unika Soegijapranata pun harus mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Salah satu upaya perpustakaan Unika dalam mengembangkan teknologi digital adalah dengan menciptakan wadah informasi di web “Unika Menyapa”, katalog online, e-print, e-jurnal, serta turnitin sebagai program untuk cek plagiasi yang banyak mendapat apresiasi dari beberapa peserta dari ketenagakerjaan perguruan tinggi di Bandung. Menurut Ridwan Sanjaya, tenaga perpustakaan haruslah memahami dan menguasai kepustakaan sehingga dengan kemampuan yang dimiliki  tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan profesionalisme  tenaga kepustakaan dan meningkatkan pelayanan.

Melalui kegiatan kunjungan ini diharapkan menjadi motivasi bagi tenaga kepustakaan untuk terus menjaga kualitas dan meningkatkan pelayanan kepada dosen dan mahasiswa melalui berbagai fasilitas yang selalu diperbaharui, karena ternyata perpustakaan Unika memiliki nilai lebih yang bisa terus dikembangkan di masa depan. (jow)

Kategori: ,