FEB Gelar Talkshow MEA
Kamis, 19 November 2015 | 7:09 WIB

IMG_9703            “Mahasiswa harus mampu membangun kompetensi dalam diri mereka untuk menghadapi MEA yang akan datang”, demikian yang dapat dikutip dalam talkshow MEA di Gedung Mikael lt.4. MEA atau yang biasa dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Asean merupakan salah satu bentuk kerjasama antar negara Asean yang mana dalam bentuk kerjasama tersebut dimungkinkan adanya pertukaran tenaga kerja asing.

Talkshow MEA tersebut diadakan pada hari Sabtu, 14 November 2015 dengan tema “Strategi Pengembangan Human Capital serta Peran Sertifikasi Profesi Sumber Daya Manusia di Tengah Persaingan Global Employment”.

Hadir dalam talkshow tersebut adalah 2 orang pembicara yang ahli dalam bidangnya. Salah satu HRD dari Surat Kabar Harian Kompas didatangkan dalam acara tersebut. Beliau adalah Lucia Maria Ayu Kartika, MM.,MPNLP yang kesehariannya selalu berurusan dengan SDM (Sumber Daya Manusia). Kemudian untuk pembicara kedua yaitu Dr.Agatha Ferijani, SE.,MS-HRM. Beliau kesehariannya sebagai dosen FEB Unika Soegijapranata.

“MEA merupakan salah satu kebijakan pemerintah dalam bidang perekonomian, dan inilah yang harus dihadapi oleh mahasiswa kedepannya. Untuk itu mahasiswa perlu membangun kompetensi di dalam dirinya” ungkap Ibu ayu di sela-sela talkshow tersebut. Dengan adanya MEA tersebut, persaingan di bursa tenaga kerja akan semakin meningkat menjelang pemberlakuan paasar bebas Asean pada akhir 2015 mendatang. Tentunya hal ini harus diperhatikan mengingat adanya persaingan tersebut.

Masyarakat Ekonomi Asean tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, dan lainnya. “Dan Unika Soegijapranata sebagai salah satu Universitas terkemuka di jawa Tengah harus menyadari hal ini yaitu dengan meningkatkan kualitas para mahasiswa agar memiliki kemampuan untuk bersaing dengan tenaga kerja asing” demikian menurut Dr.Agatha Ferijani, SE.,MS-HRM dalam talkshow tersebut. (WL)

IMG_9802

Kategori: ,