EDUFAIR UNIKA: Access to Scholarship
Kamis, 19 November 2015 | 15:33 WIB

_MG_3688International Office (IO) Unika Soegijapranata bekerjasama dengan Alfalink menyelenggarakan kegiatan Seminar dan pameran mengenai studi Luar Negeri yang bertempat di Gedung Henricus Constant B.1.3 (17/11). Kegiatan ini diikuti oleh 6 Universitas yang ada diluar negeri yaitu

1. Western Sydney University
2. Auburn University
3. Monash University
4.University of Canberra
5. Converty University
6. Macquire University

Kegiatan ini  dilaksanakan untuk pertama kalinya di Unika Soegijapranata sekaligus juga mengundang Bapak Imam Santoso sebagai narasumber dari Alfalink, serta perwakilan secara representative dari masing-masing universitas. Tujuan awal diadakannya pameran pendidikan ini untuk memberikan kesempatan bagi dosen maupun tenaga kependidikan di lingkungan Unika Soegijapranata yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 atau S3,

Dilansir dalam situs aptikom.com, jumlah  dosen tetap di wilayah Kopertis VI yang masih berkualifikasi S1 maupun DIV jumlahnya kurang lebih mencapai 1900 orang, itu belum di Kopertis wilayah lain. Selain itu sebagaimana UU No.14 tahun 2005 menjelaskan tentang Guru dan Dosen, minimal dosen harus berkualifikasi S2. Apabila pada 31 Desember 2015 tidak dapat memenuhi ketentuan tersebut, akan diberikan tawaran menjadi tenaga kependidikan atau dipensiunkan. Maka dari itu, meskipun seluruh dosen Unika Soegijapranata sudah memenuhi standard seperti yang disyaratkan undang-undang, IO tetap berusaha menjembatani dosen yang ingin studi S3 atau tenaga kependidikan yang ingin studi S2 ke luar negeri guna untuk meningkatkan kualitas SDM di Unika..

Kepala UPT IO Unika Soegijapranata sebagai penyelenggara acara, Dr. Ekawati Marhaenny Dukut, M.Hum cukup mengapresiasi kehadiran peserta seminar yang cukup besar dalam acara Edufair yang pertama kalinya ini.

“Saya sangat mengapresiasi animo peserta seminar yang cukup besar dalam kegiatan ini, karena mereka peduli terhadap masa depan mereka dengan mencari peluang studi lanjut di luar negeri. Disamping itu event ini hendaknya bisa dimanfaatkan dengan baik, supaya kebutuhan informasi tentang  bagaimana cara untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri dapat diketahui, dan dipersiapkan dengan baik” tuturnya.

Dalam kegiatan seminar dan pameran pendidikan ini, disampaikan pula persyaratan yang harus dipenuhi dalam mendaftarkan beasiswa ke Universitas di Luar Negeri yang dituju.

Setelah acara seminar ini selesai, kemudian dilanjutkan sesi acara berikutnya yaitu pameran pendidikan dari wakil-wakil universitas Luar negeri pemberi beasiswa, sehingga para peserta bisa langsung berkunjung ke Stand Universitas yang tersedia. (ign)

Kategori: ,