Unika Soegijapranata Kembangkan Kampus Pengajaran Berbahasa Inggris
Senin, 19 Oktober 2015 | 7:58 WIB

Kampus Biru SCU BSBUniversitas Katolik Soegijapranata Semarang berencana mengembangkan kampus pararel dengan sistem pembelajaran berbahasa Inggris di kawasan Bukit Semarang Baru (BSB).

‘Rencananya, ‘green and smart campus’ ini akan menjadi kampus baru, yakni SCU (Soegijapranata Catholic University) College,’ kata Rektor Unika Soegijapranata Prof Budi Widianarko di Semarang, jawa tengah, Sabtu.

Hal tersebut diungkapkan pakar toksikologi pangan dan ilmu lingkungan itu usai penandatanganan akta jual beli lahan dengan PT Karyadeka Alam Lestari selaku pemilik dan pengelola kawasan BSB Semarang.

Menurut Budi, pengembangan kampus di kawasan yang terpisah dengan kampus sekarang itu dilakukan seiring dengan perkembangan Unika Soegijapranata, mulai jumlah mahasiswa, dosen dan program studi.

‘Unika Soegijapranata terus berkembang baik, dalam ukuran mahasiswanya semakin banyak, gedung, fasilitas, konsentrasi keilmuan, program studi, dan sebagainya. Demikian pula keragaman mahasiswa,’ katanya.

Di sisi lain, dia mengakui semakin banyaknya mahasiswa juga menyebabkan parkir kendaraan bermotor, baik sepeda motor dan mobil di kampus semakin padat, sementara lahan kampus yang tersedia makin terbatas.

Karena itu, kata dia, Unika Soegijapranata berencana mengembangkan kampus baru yang dipersiapkan secara khusus untuk mencetak lulusan berwawasan global untuk berkarya di aras ASEAN dan internasional.

‘Selama ini, memang sudah ada lulusan kami yang bekerja tidak hanya di lingkup ASEAN, di Uni Eropa ada. Namun, bukan karena sistem yang terstruktur, melainkan individu bersangkutan sangat hebat,’ katanya.

Namun, kata dia, keberadaan kampus baru dengan sistem pengajaran berbahasa Inggris itu dirancang baik dengan mengadopsi tradisi Anglo Saxon dan Amerika dengan ketersediaan mata kuliah pilihan sangat beragam.

‘Jadi, mahasiswa semakin tertarik, bukan terpaksa mengikuti kuliah. Yang tidak kalah penting, kami akan menyediakan 60 persen lahan dari luasan lima hektare untuk ruang terbuka hijau,’ pungkasnya.

Sementara itu, Komisaris Utama PT Karyadeka Alam Lestari Timotius D Harsono mengakui kerja sama yang dijalin dengan Unika Soegijapranata itu akan berdampak positif terhadap perkembangan kawasan.(ant/rd)

sumber : www.ciputranews.com

Kategori: