PSIKOLOGI UNIKA JALIN KERJASAMA DENGAN OPEN UNIVERSITY & RAIH BEST PAPER DI PRAHA, REPUBLIK CHEKO
Senin, 19 Oktober 2015 | 8:23 WIB

Psiko1Empat orang dosen fakultas Psikologi Unika Soegijapranata, Semarang mengadakan perjalanan ke Eropa dari tanggal 13 September 2015 sampai tanggal 05 Oktober 2015. Para dosen tersebut adalah Dr. Endang Widyorini, M.Si.; Dr. Margaretha Sih Setija Utami, M.Kes.; Dr. Augustina Sulastri, S.Psi, Psi.; dan Lucia Trisni Widyaningtanti, S.Psi., M.Si. Perjalanan ke Eropa tersebut dapat di kategorikan menjadi lima Kegiatan akademik yaitu :

 Kegiatan akademik pertama adalah presentasi ilmiah pada World Psychological Forum (WPF) di Praha, Republik Cheko pada tanggal 17-19 September 2015.  WPF ini diadakan oleh Asosiasi Psikolog Republik Cheko didukung oleh Universitas Charles, Praha, Republik Cheko dan Czech-Moravian Psychological Society.

Acara ini dihadiri oleh para peserta dari empat benua yaitu Amerika, Asia, Afrika, dan Eropa. Ada 11 pembicara utama dari berbagai negara, antara lain Philip G. Zimbardo (tokoh Psikologi Sosial dari Amerika Serikat), Christina Maslach (tokoh Burn-out dari Amerika Serikat), Shalom Schwartz (tokoh cultural values dari Israel); Michael Zantovsky (Psikolog dan Diplomat Politik dari Republik Cheko); Saths Cooper (President of International Union of Psychological Science dan Psikolog dari Afrika Selatan) .

Para dosen dari Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata masing-masing mempresentasikan karya ilmiah mereka, dengan rincian sebagai berikut:

1. Dr. Augustina Sulastri, S.Psi. Psi, Judul: Gender-based differences in academic performance and successful job finding among recent psychology graduates in Indonesia (Bidang: Economic Psychology)

2. Lucia Trisni Widhianingtanti, S.Psi, M.Si dan Dr. Augustina Sulastri, S.Psi. Psi, Judul: How do personnel at the mid of a career-line give a meaning to their engagement at work? (Bidang: Economic Psychology)

3. Dr. Endang Widyorini, M.Si, Judul: Teaching students with autism spectrum disorder using Fun Learning and Communication (FURLIC) method (Bidang: Cross-Cultural Psychology)

4. Dr. M. Sih Setija Utami, M.Kes, Judul: Promoting inter-religious dialogue and women’s role : unraveling hidden conflict among people living in peaceful Yogyakarta, Indonesia.(Bidang: Cross-Cultural Psychology)

psiko2Prestasi yang diraih para dosen fakultas Psikologi, Unika Soegijapranata adalah penyajian Lucia Trisni Widhianingtanti, S.Psi, M.Si dan Dr. Augustina Sulastri, S.Psi. Psi dengan judul: How do personnel at the mid of a career-line give a meaning to their engagement at work? menjadi pemenang kriteria penyajian terbaik pada kelompok “Economic Psychology”.

Kegiatan akademik kedua adalah mengikuti kursus singkat selama empat hari mengenai neuro-psychology di universitas Radboud, Nijmegen, Belanda dari tanggal 21 sampai 24 September 2015. Kursus singkat ini ditutup dengan pembuatan empat proposal penelitian bersama antara dosen-dosen Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata dengan dosen-dosen Universitas Radboud, Nijmgen, Belanda.

Kegiatan akademik ketiga adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata, Semarang dengan Psychology Department of Open University, the Netherlands pada tanggal 22 September 2015. Kerjasama yang dibangun mencakup proses pengajaran (evaluasi dan pengembangan kurikulum, metode pengajaran, dan pertukaran dosen), penelitian dan publikasi bersama, dan pengembangan dosen (program doktor dan postdoc). Open University sangat tertarik dengan kuliah S1 di Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata tentang Pendidikan Perdamaian, Resolusi dan Transformasi Konflik, dan Penyembuhan Trauma sehingga berharap salah satu dosen fakultas Psikologi Unika Soegijapranata dapat sharing pengetahuan mengenai kuliah-kuliah tersebut.

Kegiatan akademik keempat adalah membangun kerjasama dengan fakultas Psikologi Universitas Louvaine, Brusel, Belgia pada tanggal 23 September 2015. Kerjasama yang dikembangkan adalah pengembangan proses belajar-mengajar, pertukaran pengajar, pertukaran mahasiswa S1 maupun S2, penelitian bersama, dan pengembangan dosen (program doctor dan postdoc).

Kegiatan akademik kelima adalah menghadiri reuni tahunan Universitas Radboud, Nijmegen, Belanda pada tanggal 03 Oktober 2015. Reuni tahunan yang diadakan Universitas Radboud tahun ini bertema “change your perspective” bertujuan untuk membangun kesadaran mengenai pentingnya jejaring para alumni dan mengembangkan pengetahuan dengan sharing hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh para alumni. Lima doktor fakultas Psikologi Unika Soegijapranata lulusan dari Universitas Radboud. Reuni ini menjadi tempat yang tepat untuk menyegarkan kembali pengetahuan-pengetahuan  psikologi.

Kategori: