Progdi Akuntansi Kembali Raih Akreditasi A
Selasa, 27 Oktober 2015 | 15:47 WIB

_DSC0867Keluarga besar Program Studi (Progdi) Akuntansi Unika Soegijapranata patut berbangga, karena Progdi Akuntansi pada tahun 2015 ini telah berhasil meraih dan mempertahankan akreditasi A untuk yang ke-4 kalinya. Tentu saja hal tersebut tidak mudah, karena hal tersebut membutuhkan persiapan yang sangat matang oleh tim akreditasi dari Progdi Akuntansi antara lain penyiapan semua berkas untuk pengakreditasian yang telah dilakukan sejak setahun yang lalu.  Sebenarnya untuk tenggang waktu masa akreditasi Progdi Akuntansi adalah sampai bulan November 2015, namun tim akreditasi Progdi Akuntansi berusaha untuk mengirimkan borang formulir akreditasi tersebut pada tanggal 18 Mei 2015 sehingga visitasi akreditasi dapat terlaksana lebih awal. Akreditasi A yang berhasil diraih tersebut tertuang dalam SK nomor 990/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015.

Kerjasama  antara dosen, mahasiswa dan tim akreditasi dari progdi tersebut merupakan kunci utama bagi progdi akuntansi untuk meraih akreditasi A. Selain itu, bantuan dari rektorat, biro serta dukungan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga menjadi kunci dalam meraih akreditasi A. “Dalam proses akreditasi, kita harus mengetahui indikator apa saja yang dinilai dan harus sudah dipersiapkan sebisa mungkin sebelum masa akreditasi habis“ jelas  Kepala Progdi Akuntansi Vena Purnamasari SE. MSi., Akt ,

Langkah selanjutnya setelah meraih akreditasi A adalah dibukanya program baru yaitu Magister Akuntansi, demikian info lebih lanjut yang disampaikan oleh Vena Purnamasari SE. MSi., Akt . Dan saat ini Progdi Akuntansi sedang melaksanakan dan mengembangkan CCPA (the Certification Centre of Professional Accountant) yaitu lembaga sertifikasi untuk lulusan S1 Akuntansi, dan terbuka untuk umum baik lulusan Unika atau lulusan Universitas lain.

Pendirian CCPA ini bertujuan untuk menyelenggarakan sertifikasi lulusan S1 akuntansi sehingga sertifikasi tersebut dapat dipergunakan untuk terjun ke dunia kerja dan dapat menjadi nilai tambah tersendiri dengan adanya gelar profesi Akuntan. Harapannya dengan adanya CCPA di Unika juga akan mempermudah setiap orang yang hendak mengambil gelar profesi Akuntan, tidak perlu jauh–jauh ke Jakarta cukup ke Unika saja.

Sisi lain, Progdi Akuntansi selalu membangun brand Image, dengan menjaga kualitas lulusan supaya dapat terserap dalam dunia kerja dan hal lain pandangan dari perusahaan tentang lulusan juga menjadi indikator keberhasilan dalam membangun brand image di Progdi Akuntansi Unika.

Brand image yang baik bagi Progdi Akuntansi akan tercipta ketika adanya sinergi dari mahasiswa, alumni, dosen dan tenaga administrasi dalam menjaga mutu. Progdi akuntansi akan berusaha  melakukan transparansi bagi mahasiswanya untuk mengetahui setiap nilai yang diperoleh, dan mengetahui asal dari nilai tersebut.

“Semoga di masa yang akan datang Progdi Akuntansi akan selalu berkembang dan lebih baik, serta untuk semua mahasiswa Akuntansi di Unika, dapat tersertifikasi sehingga dapat menghasilkan lulusan yang dapat bersaing dalam dunia kerja, terutama kondisi saat ini, kita berada dalam Masyarakat Ekonomi Asean yang dituntut memiliki kualitas yang baik dan memiliki daya saing yang tinggi” ujar Kaprodi akuntansi, Vena Purnamasari SE. MSi. Akt . (Ign)

Kategori: ,