PELATIHAN INTERNAL GEMA BELAJAR (GEMBEL) FAKULTAS PSIKOLOGI
Selasa, 13 Oktober 2015 | 18:24 WIB

_DSC0666Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) Fakultas Psikologi, tahun akademik 2015/2016, bidang advokasi, Universitas Katolik Soegijapranata, yang dilaksanakan pada hari Kamis (8/10) mengadakan Kegiatan Pelatihan Internal Gema Belajar (GEMBEL) di ruang 302 gedung Antonius.

Kegiatan yang bertema “Membiasakan Berfikir Kreatif dan Kreatif Berfikir” ini diikuti oleh 35 peserta, dari angkatan 2013, 2014, dan khususnya 2015. Acara ini disambut meriah oleh peserta, diawali pembukaan pelatihan dengan ice breaking yang cukup membuat para peserta menjadi semangat, dan disuguhi beberapa makanan ringan yang disediakan oleh panitia.

Pelatihan jurnalistik yang diadakan setahun sekali ini merupakan pelatihan yang berbeda dengan pelatihan tahun sebelumnya, dimana pada tahun lalu, pengisi acara hanya diisi oleh para alumni gembel, dan ditahun ini, gembel menurunkan narasumber yang mempunyai basic jurnalistik yang sangat handal.

Disela-sela kegiatan pelatihan, narasumber juga memberikan materi ketika menulis harus mempunya positif thinking yang tinggi “banyak orang yang mengalami kesulitan ketika menulis, kenapa? karena kebanyakan orang selalu berfikir tentang pola dan struktur tulisan yang akan dituangkan, bahkan pada saat menulis satu baris kalimat , ia sudah ketakutan untuk menimbang apakah tulisannya sesuai dengan ejaan Kamus Besar Bahasa Indonesia , atau bahkan yang lebih ditakutkan si penulis dalam pikirannya ‘jangan-jangan tulisan ku nanti ditertawakan oleh yang membaca’ dan lain sebagainya” ungkap narasumber. “padahal bentang tirai besi penjara itu diciptakan oleh pikiran kita, atas ketidakmampuan mengurangi keyakinan bahwa yess you can!” tambahnya.

Acara yang diketuai oleh Sony Ramadhan, dan dibantu para anggota gembel periode 2014/2015 ini merupakan pelatihan awal dimana setelah para peserta yang lolos test seleksi ketika oprec (open recruitment) yang begitu ketat yang dilaksanakan pada akhir bulan kemarin. “tujuan diadakannya pelatihan ini ialah guna menggali potensi jurnalistik yang ada didalam diri peserta serta mengaplikasikannya langsung dilingkungan sekitar” ujar Sony.

Teristimewa bagi peserta yang mengikuti pelatihan jurnalistik yang membahas hal-hal utama dan sangat penting di dalam dunia jurnalistik ini, para peserta tidak hanya diberikan materi mengenai jurnalistik saja, dan tidak hanya itu, disela sela pelatihan, narasumber juga memberikan beberapa tantangan kepada peserta.

“pelatihan ini sangat berguna sekali terutama bagi mereka yang basic nya penyuka jurnalistik, tidak hanya mengembangkan skill saja yang saya dapatkan dari adanya pelatihan ini, tetapi juga dari sinilah saya dapat mengembangkan juralistik saya yang pernah dulu saya ikuti” ungkap Lim Jessica salah satu peserta.

Gembel akan menggunakan media sosial baru

Jika berbicara mengenai jurnalistik, sony juga berharap kepada para pembaca gembel yang sekarang sudah menyebar ke beberapa sekolah SMA yang sudah bekerjasama dengan Unika bahwa dengan terbitnya gembel pembaca dapat menumbuhkan minat baca yang tinggi, disisi lain, sony juga akan memulai menggunakan media sosial berupa aplikasi akun Line untuk menyebarkan informasi dari yang sebelumnya menggunakan media majalah, buletin dan tv chanel.

“Ditahun ini, gembel akan menggunakan media baru untuk up date informasi, selain mading yang berada dilantai 3 sebelah ruang sekre gedung antonius, tv chanel serta majalah yang terbit setiap saat nya, kali ini gembel menggunakan media sosial berupa akun Line, dimana informasi gembel akan tampil di timeline akun Line nya gembel” tambah sony.

Diakhir sesi pelatihan, dilakukan pula pembagian kelompok kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari jumat, “pembagian kelompok ini guna membuat tugas yang diberikan oleh panitia untuk kegiatan selanjut nya yaitu berupa latihan pembuatan buletin” tutupnya. (Ajie)

Kategori: ,