Kaprogdi Manajemen Unika Wakili Kopertis Wilayah VI Dalam Lomba Kaprogdi Berprestasi Tingkat Nasional
Kamis, 15 Oktober 2015 | 16:05 WIB

bu Enny 2Segenap civitas Unika Soegijapranata boleh turut berbahagia karena terpilihnya Eny Trimeiningrum,SE.,Msi. sebagai salah satu dosen finalis yang mewakili kopertis wilayah VI Jawa Tengah untuk mengikuti kompetisi Ketua Program Studi (Kaprogdi) Berprestasi tingkat Nasional (Dikti) .

Awalnya WR I memberi kesempatan kepada beberapa kaprogdi di Unika Soegijapranata untuk mengikuti lomba tingkat kopertis wilayah VI ini, tak disangka Eny Trimeiningrum terpilih menjadi juara 2 kaprogdi berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah VI, yang kemudian berkesempatan untuk mengikuti lomba final di Jakarta sebagai salah satu finalis perwakilan PTS di Jawa Tengah pada 26-29 Oktober mendatang.

Bentuk kompetisi yang diikuti oleh Kaprogdi Manajemen yang telah menjabat selama dua periode terhitung sejak 1 April 2010 ini adalah berupa Diskripsi diri dan Karya Inovasi Unggul Di Bidang Pengelolaan Program. Eny Trimeiningrum menceritakan dengan jelas isi dari Karya Inovasi yang disusunnya selama menjabat sebagai Kaprodi Manajemen di Unika Soegijapranata ini. Ternyata inti dari naskah gagasan ini adalah upaya mempertahankan akreditasi A yang disandang progdi manajemen supaya reputasi dan pengakuan eksternal bisa terjaga baik.

Dalam penyusunan Karya Inovasi Unggul ini Eny menyusun beberapa strategi diantaranya meninjau ulang visi, misi dan sasaran progdi serta menggali berbagai masukan dari stakeholder (industri besar, melakukan FGD bersama alumni dan pengguna alumni, mahasiswa dan berbagai research) untuk menyusun kembali visi, misi dan sasaran yang baru.

5 budaya yang sudah dilaksanakan

Dari situlah tersusun 5 budaya yang ternyata sudah diterapkan sebelum mengikuti kompetisi ini,sehingga karya ini bukanlah gagasan semata namun merupakan bukti dari apa yang telah dikerjakan selama ini. 5 budaya ini yaitu:

1.

Menciptakan budaya akademik yang unggul ( menekankan pada proses pembelajaran dan budaya anti plagiasi)

2.

Budaya profesional dosen yang unggul (mendorong para tenaga pendidik terlibat dalam kegiatan masyarakat, asosiasi profesi, dan terlibat penelitian serta pengabdian)

3.

Mengembangkan budaya softskill mahasiswa (menerapkan sistem 1000 point kegiatan supaya mahasiswa terdorong untuk aktif mengikuti organisasi dan lomba. Seperti yang telah dilakukan waktu lalu melalui acara “GLOWMENTION-Glow In Menejemen Competition” merupakan lomba manajemen antar universitas se-Jawa Tengah yang sangat diminati untuk dilakukan lagi di waktu mendatang)

4.

Mengembangkan budaya kerja sama (menjawab tantangan dunia luar dan menjalin kerja sama dengan asosiasi yang ada. Salah satunya dengan JCI Chapter Semarang-Asosiasi Profesional Muda dan Enterpreneur di bawah PBB.)

5.

Budaya penjaminan mutu ( setiap kegiatan akademik harus memenuhi standard yang telah ditetapkan oleh Quality Standart Procedure)

Melakukan yang terbaik dengan semangat tulus dan ikhlas merupakan motivasi terbesar Eny untuk menjalani setiap pekerjaan yang diberikan kepadanya, sehingga melalui kompetisi ini tidak dijadikannya untuk memenuhi ambisi saja, namun merupakan bentuk pengabdian untuk membawa harum nama Progdi Manajemen Unika Soegijapranata di tingkat Nasional.(jow)

Kategori: ,