Fakultas Teknik Unika undang Prof. Wesley-pakar Geotechnical dari Selandia Baru
Kamis, 1 Oktober 2015 | 15:32 WIB

 

_DSC0640

Fakultas Teknik Unika Soegijapranata menggelar kuliah umum yang mengangkat topik “A Geotechnical engineer in Indonesia” dan “ Mekanika Tanah Untuk Tanah Endapan dan Tanah Residu” (30/9) yang dilaksanakan di ruang audiovisual gedung Thomas Aquinas lt.3, dengan dimoderatori oleh Dr. F.X. Sugiarto Pudjohartono,M.Eng. PhD dan diikuti oleh kurang lebih 150 peserta dari mahasiswa Unika dan mahasiswa tamu dari lima universitas di Semarang.

Menariknya dari kuliah umum ini karena Fakultas Teknik menghadirkan Prof. Dr. Laurence Daniel Wesley (dari Universitas Auckland, New Zealand) sebagai pembicara yang memiliki pengalaman serta pakar dalam penyelidikan dan penelitian tanah di Indonesia.

Ternyata selama 3 tahun lamanya sejak tahun 1960 sampai 1963, Prof. L.D Wesley pernah bekerja di Indonesia sebagai pegawai negeri di Lembaga Penyelidikan Tanah dan Jalan (DPUT) di kota Bandung. Banyak hal yang telah dilakukan oleh Prof Wesley selama bekerja di DPUT yang khususnya melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan tentang tanah di Indonesia.

Keunikan Geologi tanah Indonesia

Selama di Indonesia, Prof. L.D Wesley banyak menemukan keunikan pada keadaan geologi tanah di Indonesia khususnya didaerah vulkanis (daerah Bandung salah satunya), juga tanaman yang ditanam serta pengairan di lereng gunung yang tidak mengakibatkan tanah longsor, ini menjadi ketertarikan tersendiri bagi Prof. L.D. Wesley untuk melakukan penelitian pada tanah Indonesia.

Dari kecintaannya akan ilmu pengetahuan tentang tanah dan juga karena  pengalaman dan pengabdiannya selama bertugas di DPUT Bandung, Prof. L.D. Wesley menerbitkan sebuah buku dengan judul Mekanika Tanah (2002).

Dari pembahasan mengenai tanah di Indonesia kemudian materi kuliah umum lanjutkan dengan topik mekanika tanah endapan dan tanah residu. Dalam topik ini Prof. L.D. Wesley lebih membahas mengenai tekstur dan perilaku khusus dari kedua jenis tanah ini serta perbedaannya.

Sesekali Prof. L.D Wesley kembali ke Indonesia untuk melakukan peninjauan pengembangan penelitian tanah di Indonesia. Melalui kuliah umum ini diharapkan para mahasiswa dan para dosen pendidik Fakultas Teknik mampu mendalami ilmu ketanahan lebih jauh serta mampu memecahkan masalah lingkungan ynag tejadi disekitar kita melalui keilmuan yang digeluti. (jow)

Kategori: ,