“AMAZING TREE” WUJUD KOMITMEN ORMAWA 2015-2016 FAKULTAS PSIKOLOGI UNIKA SOEGIJAPRANATA
Kamis, 22 Oktober 2015 | 13:33 WIB

image2“WARNING”… atau ormawa training merupakan acara setiap tahun bagi ormawa baru Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata, yang menjadi bagian dari rencana kerja tahunan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi. Warning tahun ini, diselenggarakan oleh ormawa Fakultas Psikologi tahun 2014 yang beranggotakan dua puluh lima orang terdiri dari BEMF dan SMF Psikologi.

Acara ini berlangsung selama dua hari satu malam, dari mulai hari Jumat sampai Sabtu tanggal 16-17 Oktober 2015 digedung Antonius Fakultas Psikologi. “seluruh panitia berniat untuk memberi bekal pengetahuan, pelatihan mental dan karakter yang nantinya akan sangat berguna untuk berdinamika selama satu tahun di Fakultas Psikologi”, ungkap Dewi Citra, sebagai ketua warning 2015.

Konsep acara kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pada kesempatan warning 2015 ini, peserta yang terdiri dari BEMF dan SMF baru dengan masa bakti 2015/2016, dituntut semakin mampu untuk menyelesaikan berbagai tantangan dari panitia penyelenggara. Berbagai tantangan positif yang diberikan bagi peserta diantaranya yaitu pada malam harinya, peserta disebar disekitaran jalan di Tugu Muda untuk mengikuti sesi “speak up”. Dalam sesi ini, peserta diminta untuk mempromosikan Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata kepada khalayak umum dan pengendara di jalanan.

Siraman air kembang

Berangkat dari tema warning tahun ini, yaitu “Amazing Tree”, yang diangkat dari filosofi pohon yang terkandung suatu komitmen dan buah-buah manis dari setiap karya-karya yang dihasilkan oleh ormawa, untuk itulah acara sesi in-door dengan topik “batang keorganisasian” dan “ reaktif or proaktif” diisi oleh dua pembicara yang tidak lain adalah dosen fakultas psikologi.

Kesakralan acara sangat nampak, ketika tengah malam peserta duduk melingkar  berefleksi bersama, dengan diterangi cahaya lilin para peserta satu per-satu menyampaikan komitmen mereka untuk satu tahun kedepan menjabat sebagai ormawa. Acara refleksi dan pembacaan komitmen diakhiri dengan ditampilkannya video dari para orangtua ormawa baru, dalam tayangan video tersebut para orangtua mahasiswa ormawa baru turut memberikan semangat dan motivasi bagi para peserta, sebagai ormawa 2015/2016. Pemutaran video singkat ini, diiringi lagu sendu, yang mengundang rasa haru para peserta.

Esok harinya, untuk meresmikan secara simbolis ormawa baru, maka diadakan acara siraman air kembang yang dilakukan ormawa lama kepada ormawa baru, sebagai simbol berakhirnya masa jabatan ormawa lama dan dimulainya masa jabatan bagi ormawa baru. Acara warning 2015 ditutup dengan penciuman pataka dan bendera merah putih, sebagai wujud simbolis, dari para ormawa baru untuk berbakti dan mengabdi bagi Fakultas Psikologi dan Negara Indonesia. (tls)

Kategori: ,