WARNA-WARNI DUNIA JURNALISTIK DALAM “CARNIVAL JOURNALISM”
Jumat, 18 September 2015 | 11:24 WIB

Dhian FenataRabu, 26 Agustus, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranta Semarang , sukses menggelar acara yang menjadi rencana kegiatan tahunan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) “Dian Fenata”. Acara yang bertajuk carnival journalism kali ini, memiliki tujuan mengenalkan dunia jurnalistik pada mahasiswa dan para pelajar SMA yang memiliki hoby dan bakat di bidang jurnalistik.

Acara yang diketuai oleh Naila Nurina Putri, dibantu panitia dari mahasiswa jurusan akutansi, manajemen, dan pajak ini mengemas acara dalam dua jenis perlombaan, yaitu lomba fotografi dan lomba menulis berita. Peserta yang berjumlah 100 orang, sebagian terlibat dalam lomba fotografi dengan konsep foto model dan foto candid. Sebagian lainnya ikut ambil bagian dalam lomba menulis berita.

Teristimewa bagi peserta yang mengikuti lomba menulis berita karena peserta tidak hanya menulis saja, tetapi juga diberi bekal pengetahuan melalui seminar mini yang membahas hal-hal penting dalam bidang jurnalistik, dengan narasumber yang ternama yaitu Bapak Sugeng Irianto, beliau adalah wartawan surat kabar “Kedaulatan Rakyat” dan Ibu Erika Dwi S.W, M.I.Kom. Melalui seminar ini, peserta semakin diperkaya dengan ilmu jurnalistk, yang mempermudah mereka untuk menulis berita yang tidak sekedar baik dan benar namun juga menarik bagi pembaca.

Pameran Foto

Semarak kemeriahan dan semangat para pecinta jurnalistik tidak berhenti pada acara lomba saja. Gedung Yustinus lantai satu disulap menjadi panggung kreasi carnival journalism oleh para kreator seni dan jurnalistik yang dengan penuh semangat memamerkan karya mereka berupa karikatur, siluet, scrable, typografi dan terdapat pula pameran foto dari UKM “mirror” dan “paraga”, serta adanya pernak-pernik yang menghiasi acara yaitu stand photobooth dan pameran wall quotes. Antusiasme para peserta dan pengunjung lainnya dapat dilihat dari banyaknya peserta yang ikut ngevote dan ikut berfoto di photobooth. (Telis)

Kategori: ,