Unika Soegijapranata Peringkat 10 PTS Terbaik Indonesia
Senin, 21 September 2015 | 8:43 WIB

KRJ 19_09_2015 unika Soegijapranata peringkat 10 PTS terbaik IndonesiaSEMARANG (KRjogja .com)– Dari data pemeringkatan yang dirilis Kemenristek Dikti belum lama ini, Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang meraih posisi sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik nasional urutan ke-10 (di antara PTS). Dan bila di antara perguruan tinggi negeri (PTN) dan PTS data tersebut menempatkan Unika Soegijapranata Semarang di posisi 39 nasional (PTN/S).

Rektor Unika Soegijapranata Semarang Prof Dr Ir Y Budi Widianarko MSc didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) Dr Ridwan Sanjaya SE SKOM, MS IEC dan Wakil Rektor IV (Bidang Pengembangan dan Kerjasama) Dr Marcella Elwina Simandjuntak SH CN MHum kerpada pers di kampus setempat menyatakan sejumlah kriterea dipakai Dikti dalam pemeringkatan ini di antaranya kualitas manajemen dan kualitas SDM para dosennya.

“Kualitas SDM di Unika menjadi daya saing pendorong Unika. Saat ini jumlah dosen S-3 lebih dari 25 % atau 50 orang dari total 194 dosen tetap kami dan saat ini puluhan dosen masih dalam proses studi lanjut S-3 di dalam dan luar negeri. Studi lanjut S-3 para dosen memang menjadi prioritas di Unika sebagai upaya peningkatan mutu mahasiswa dan dosen serta sudah sewajarnya kalau dosen dituntut sampai S-3 meski saat ini aturan Dikti dosen harus minimal lulusan S-2” ujar Rektor.

Rektor memprediksi ada kemungkinan nantinya dosen diwajibkan lulusan S-3 karena tuntutan jaman, seperti halnya Malaysia, Singapura dan sejumlah negara lainnya sudah menerapkan aturan ini.

WR I Unika Dr Ridwan Sanjaya menyatakan kriteria penilaian perguruan tinggi terbaik terbaik (pemeringkatan) Dikti sesuai presentasi Sekretaris Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti belum lama ini di Surabaya. Kriterea yang dipakai meliputi kualitas dosen dan jumlah dosen lulusan S-3 (berbobot 30 persen penilaian), kualitas manajemen (bobot 30 persen), kualitas kegiatan kemahasiswaa (10 persen) dan kualitas kegiatan penelitian (30 persen). Unika cukup kuat di kualitas dan jumlah dosen serta penelitian sehingga bisa meraih posisi bagus (10 besar PTS se Indonesia) pada pemeringkatan oleh Dikti tersebut. (Sgi)

sumber : krjogja.com

Kategori: