Unika Miliki 50 Doktor
Selasa, 22 September 2015 | 8:09 WIB

Doktor baruSEMARANG, suaramerdeka .com – Unika Soegijapranata sampai saat ini sudah memiliki 50 dosen yang masih aktif mengajar bergelar doktor. Jumlah tersebut termasuk yang terbanyak, dibandingkan perguruan tinggi swasta (PTS) lainnya di Kota Semarang.

Wakil Rektor IV Bidang Pengembangan dan Kerjasama Unika Soegijapranata, Marcella Elwina Simanjuntak, menyatakan, untuk tahun ini Unika sudah menambah tujuh dosen bergelar doktor sehingga total berjumlah 50 orang.

“Saat ini total ada 50 doktor aktif, 26 dosen sedang dalam proses menyelesaiakan studi. Kami terus melakukan peningkatan kompetensi dosen sesuai bidangnya masing-masing,” kata Marcella di Unika Soegijapranata.

Peningkatan kompetensi dosen bertujuan sekaligus untuk memperbaiki kualitas pengajaran, pendidikan dan pengabdian masyarakat di Unika Soegijapranata. Apa yang dikembangkan oleh Unika Soegijapranata, diapresiasi oleh Kemenristekdikti dimana Unika masuk dalam 10 terbaik perguruan tinggi swasta dan 40 besar perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Tujuh doktor yang lulus pada Januari sampai dengan September 2015 yakni dosen Fakultas Arsitektur dan Design Dr A Ardiyanto dari UGM yang membawakan disertasi tentang pengaruh ventilasi terhadap gaya arsitektur bangunan era kolonial. Berikutnya dosen Fakultas Teknik Dr Djoko Suwarno dari open university Nederland, disertasinya berjudul River Export of Nutrients to Coastal Waters of Indonesia – The Role of Sewage and Dams.

Selanjutnya dosen Fakultas Hukum dan Komunikasi Dr Rika Saraswati dari Wollogong University Australia. Dia mengangkat disertasi masalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap wanita Australia dan Indonesia dalam mendapatkan akses keadilan di ruang publik.

Dosen Fakultas Augustina Sulastri dari Radbound University Nijmegen Nederland dengan disertasi yang berjudul Predicting Success of Indonesian Graduates: Determinants of Academic Performance and Getting a Job. Kemudian dosen Fakultas Teknik Pangan Dr R Probo Yulianto Nugrahedi dari Wageningen University Nederland, dia membawakan disertasi Glukosinolates During Preparation of Brassica Vegetables in Indonesia.

Berikutnya dosen Fakultas Bahasa dan Sastra Dr Ekawati Marhaeny Dukut yang berhasil mempertahankan disertasi mengenai nilai budaya dalam iklan peralatan rumah tangga. Terakhir dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr MY Dwi Hayu.
(Puthut Ami Luhur/CN41/SMNetwork)

sumber : berita.suaramerdeka.com

Kategori: