Jurnalistic is Fun
Selasa, 15 September 2015 | 16:05 WIB

IMG_4560Selasa lalu (8/9), progdi Ilmu Komunikasi angkatan 2014 melakukan kunjungan ke Radar Semarang dalam rangka mengikuti mata kuliah Dasar-dasar Jurnalistik . Tujuan diadakan kunjungan ini untuk lebih mengasah kemampuan mahasiswa di dunia jurnalistik. Terlebih dalam menghadapi arus globalisasi saat ini, masyarakat cenderung  lebih senang membaca media online daripada media cetak,  karena media online termasuk short news dan cenderung ringkas, maka dari itu Radar Semarang membuat media cetak agar semenarik mungkin dengan berita-berita yang bermutu sehingga dapat berkompetisi dengan kompetiter  lain.

Kunjungan mahasiswa ini juga bermaksud untuk meningkatkan “sadar jurnalistik” , artinya  dengan menguasai teknik penulisan yang benar , maka kita dapat mengekspresikan diri kita melalui tulisan dengan benar pula.  Ida Nur Lila selaku redaktur Radar Semarang mengatakan “bahwa semua orang punya peluang untuk menulis jurnalistik, ketinggalan kalau mahasiswa tidak mempelajari ilmu jurnalistik. Jadi sekarang orang yang menguasai informasi dan komunikasi akan melangkah lebih maju dan jangkauan pengetahuannya akan lebih luas, oleh karena itu menurut saya mahasiswa jurusan apapun dan manapun, sedapat mungkin untuk menguasai ilmu jurnalistik”.

Kunjungan Progdi Ilmu Komunikasi Unika Soegijapranata merupakan salah satu contoh generasi muda yang mau mempelajari  ilmu jurnalistik. Ketika masih anak-anak sudah tertarik pada dunia jurnalistik maka ketika dewasa keinginan mereka untuk membaca akan lebih tinggi, disamping itu ketika orang tersebut senang membaca maka wawasannya akan lebih luas, dan ketika wawasannya luas maka jangkauannya akan panjang, hingga akhirnya kecintaan pada NKRI akan tumbuh kuat, sebaliknya kalau membaca saja tidak mau, menulis tidak mau, kita akan terkungkung pengetahuan kita, seperti katak dalam tempurung.  Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini,  teknologi menuntun kita untuk  menulis, contohnya seperti :  blog, FB, WA, Twitter, dll sehingga kita semakin dapat mengekspresikan diri dan menuangkannya dalam tulisan yang simpel tapi jelas dan mudah dipahami. Oleh sebab itu bagi kalangan muda  terutama mahasiswa, mari budayakan menulis dan membaca agar wawasannya semakin luas. (adr)

Kategori: ,