Hindari Colok-Cabut Secara Singkat
Selasa, 29 September 2015 | 11:02 WIB

TRJ 29_09_2015 hindari colok cabut secara singkat

SESUAI dengan namanya, powerbank merupakan alat penyimpan energi listrik dan dapat disalurkan ke perangkat lain yang sedang membutuhkan energi listrik. Nama itu populer sebagai alat yang mudah dibawa ke mana-mana (portable) untuk mendukung kondisi emergency terhadap kebutuhan energi pada gadget.

Pada dasarnya, powerbank tidak hanya untuk handphone, tetapi juga jenis gadget lain. Sehingga, semua jenis perangkat handphone dapat menggunakannya. Hanya saja perlu memperhatikan kualitas powerbank.

Untuk keamanan yang baik, perlu melihat fitur perlindungan seperti overcharge (kelebihan arus saat pengisian), short circuit (arus pendek), dan high temperature (perlindungan dari panas yang berlebihan). Dengan fitur itu, keamanan untuk penggunaan secara terus-menerus dapat lebih terjamin.

Namun, penggunaan berlebih, apalagi tidak secara aman dan tanpa pengawasan dapat menyebabkan kerusakan baterai pada handphone. Karena berhubungan dengan listrik, sebaiknya tetap dalam pengawasan ketika menggunakan.

Pengisian yang tuntas dengan menggunakan powerbank sangat disarankan, agar keseluruhan sel di dalam baterai dapat terjaga dari sisi kapasitas dan usia baterai. Perlu dihindari menggunakan powerbank secara colok-cabut dengan frekuensi yang sangat singkat.

Selain itu, sensitivitas powerbank terhadap suhu dan barang elektronik lain juga perlu dijaga. Jika konektor yang disediakan handphone cocok dengan powerbank, lebih baik gunakan konektor yang berasal dari handphone.

Ketika ada proses transfer energi, panas merupakan satu dampak yang umum. Semakin cepat transfer energi yang dibutuhkan untuk mengisi baterai, panas yang ditimbulkan juga semakin besar. Tetapi jika berlebihan, kondisi itu menjadi tidak aman. Hal itulah yang menyebabkan perlu adanya fitur perlindungan high temperature (perlindungan dari panas yang berlebihan) dan overcharge (kelebihan arus saat pengisian), agar kondisi dalam pengisian baterai dapat lebih aman.

Agar baterai gadget dapat lebih panjang usianya dan keamanan dalam kelistrikkan, sangat perlu membeli powerbank dengan kualitas bagus. Kapasitas powerbank juga menentukan besarnya kemampuan dalam menyuplai kebutuhan energi handphone. (wan)

Kategori: