“FADFEST” WUJUDKAN KREATIVITAS OLAH SAMPAH
Senin, 28 September 2015 | 17:01 WIB

ECTVOLUTIONPermasalahan kesehatan lingkungan yang sampai saat ini sulit untuk diatasi adalah persoalan sampah yang tidak pada tempatnya. Perilaku membuang sampah sembarangan masih menjadi suatu penyakit bagi kita semua, itu sebabnya lingkungan sekitar kita kotor dan menjadi sumber penyakit.

Usaha penggalakan pengolahan sampah menjadi suatu barang yang memiliki nilai guna dan nilai kreativitas kini mulai banyak dikembangkan, salah satunya datang dari Fakultas Arsitektur Desain Unika Soegijapranata Semarang. Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa fakultas, mengadakan acara pensi dan festival pameran karya dengan mengangkat tema “Ectvolution”. Tema tersebut berangkat dari keprihatinan para mahasiswa pada orang yang punya kebiasaan membuang sampah sembarangan. Untuk itulah, mereka menciptakan suatu inovasi untuk menumbuhkan kesadaran akan kebersihan lingkungan dan menggali potensi kreativitas kaum muda, dengan menggelar acara yang memamerkan barang-barang atau benda menarik dan unik yang diolah dari bahan dasar sampah. Benda-benda yang dipamerkan bervariasi dan penuh kreativitas, mulai dari robot yang disusun dari bahan VCD bekas, rantai sepeda bekas, dan besi bekas, sampai pigura-pigura dan lukisan karya mahasiswa arsitektur desain.

Para peserta yang tergabung dalam kegiatan pameran tidak hanya berasal dari mahasisa FAD Soegijapranata. Mahasiswa Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, dan ISI Jogja pun turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan pameran tersebut, sebagai wujud kerja sama antar universitas.


ECTVOLUTION1

Dies Natalis FAD dan Welcome Party

Panitia mengemas acara selama dua hari berturut-turut  yaitu pada Sabtu dan Minggu tanggal 12 – 13 September 2015, karena ada dua acara yang menjadi andalan kegiatan tersebut. Acara festival pameran menjadi suguhan yang menarik minat penonton, namun acara festival pensi juga tak kalah menariknya dengan meningkatkan antusiasme penonton yang menyaksikan acara. Penampilan psikoplak dengan alat perkusinya, beberapa band dari mahasiswa Unika, dan teater dari UKM Unika serta Undip semakin menambah kemeriahan acara. Ditambah lagi penampilan Sastro-Sastri dan Katamata, band yang digemari anak muda dan band yang terdiri dari mahasiswa Unika, mampu membuat penonton hanyut dalam suasana dengan lagunya yang khas.

Acara ini sengaja digelar di lapangan parkir DPRD kota semarang, dengan maksud untuk lebih mempromosikan Unika Soegijapranata khususnya Fakultas Arsitektur Desain, agar lebih dikenal oleh khalayak umum. Tujuan lain dari diselenggarakannya acara ini sekaligus menjadi perayaan Dies Natalis FAD dan welcome party bagi mahasiswa baru angkatan 2015. “Kedepannya FAD harus terus berkembang, semakin kreatif dan dalam acara, FAD harus tetap menjadi pemeran utama.” Ujar Gregorius Agung Selo, ketua acara.   (Telis)

Kategori: ,