Belajar Jurnalistik dari Praktisi
Senin, 21 September 2015 | 14:52 WIB

 

DSC0264.jpg

Berita adalah suatu  cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat, hal ini dikatakan oleh Dekan FHK, Benny D Setianto dalam acara seminar “Etika Dalam Berita” yang diadakan oleh BEM FHK di gedung Thomas Aquinas lt 3 (16/9).

Seminar yang dimoderatori oleh Rotumiar Pasaribu, yang merupakan salah satu dosen Ilmu Komunikasi Unika Soegijapranata, telah menghadirkan Prabu Revolusi sebagai pembicara dalam seminar ini.

Prabu Revolusi adalah  News Anchor yang sudah berpengalaman di beberapa televisi ternama di Indonesia dan sekarang ia menjadi pembawa acara berita di CNN Indonesia. Dalam seminar ini Prabu banyak bercerita dan berbagi pengalaman tentang  sosok jurnalis yang profesional. “Jurnalis itu harus siap mental dan fisik. Berani menanggung resiko profesi pada saat di lapangan, seperti misalnya pada saat meliput  peperangan dan bencana alam, serta liputan lain yang sangat membutuhkan ketangguhan mental, fisik dan keberanian, bahkan kadang harus mempertaruhkan nyawa ” ungkap Prabu dengan candaan.

Selain itu Prabu juga berbagi pengetahuan jurnalistik kepada para peserta seminar yaitu bahwa dalam menulis berita ada empat unsur yang perlu diketahui dan dipahami yakni, Aktual (baru saja terjadi, sedang terjadi, atau akan terjadi), Faktual (ada data yang mendukung bahwa faktanya memang terjadi), Penting (orang yang penting / peristiwanya), dan Menarik (menimbulkan rasa ingin tahu, harus ada Human Interest dan Public Interest). Selain 4 unsur tadi, dalam dunia jurnalis  harus ada etikanya, agar tidak terjadi kabar bohong yang menyesatkan dan merugikan konsumen serta tidak menimbulkan kebencian atau permusuhan / SARA.(adr)

Kategori: ,