Wayang Orang Unika Bikin Gerr
Kamis, 20 Agustus 2015 | 8:50 WIB

Tiga Tokoh Wayang Orang Sedang Menghibur Mahasiswa Baru

SEMARANG (KRjogja .com)– Sekitar 1.800 mahasiswa baru Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang merasa sangat terhibur dengan penampilan kelompok wayang orang Unika pada penutupan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) di lapangan basket kampus setempat.

Penampila tiga tokoh utama wayang orang “Ramayana” yaitu Anoman, Sinta, dan Rahwana sangat memukau para mahasiswa baru, dosen, dan pejabat struktural di lingkungan Unika yang secara lengkap menghadiri penutupan PTMB. Terlebih saat Sinta dengan suara merdu menyanyikan lagu-lagu dan tembang apik. Rupanya Unika Soegijapranata menempatkan budaya dan seni tradisi nasional sebagai bagian tak terpisahkan dari pengembangan iptek di kampus ini. Awal bulan ini, pada acara dies Natalis, Unika juga menampilkan tarian tradisional dari mahasiswa.

“Mahasiswa baru seperti kita lihat merasa sangat happy dan enjoy mengikuti acara PTMB selama 3 hari terakhir ini. Dari ekspresi dilihat tidak adanya tekanan dan paksanaan mengikuti acara PTMB. Begitu juga hari-hari kemarin yang diisi dengan ceramah dan diskusi tentang cara meraih sukses kuliah, cara pengembangan diri dan pengetahuan lainnya, mereka sangat antusias dan tidak merasa kalau mereka sedang menjalani orientasi” ujar Wakil Rektor I (Bidang Akademik) Unika Soegijapranata Dr Ridwan Sanjaya.

Menurut Ridwan Sanjaya, para mahasiswa baru merasa senang karena dalam PTMB, banyak dosen dan mahasiswa senior ikut terjun mendampingi mahasiswa baru serta mengisi berbagai acara, termasuk sajian acara hiburan dari para mahasiswa senior, dosen serta karyawan Unika. Keterlibatan dosen sebagai fasilitator, motivator , pemberi hiburan (selingan) sekaligus pemantau pelaksanaan PTMB yang di dalamnya tidak boleh ada kekerasan dalam bentuk apapun, seperti kekerasan fisik, kekerasan verbal, maupun kekerasan dalam bentuk penugasan yang aneh-aneh dan tugas yang sulit atau memakan waktu lama untuk dikerjakan. (Sgi)

sumber : krjogja.com

Kategori: