Unika Tuan Rumah ASEACCU Ke-23
Jumat, 21 Agustus 2015 | 8:52 WIB

Dari kiri : Ivon Vernandes, Dekan FHK, Rektor, WR IV

SEMARANG, suaramerdeka .com – Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata menjadi tuan rumah Association of Southeast and East Asian Catholic Colleges and Universities (ASEACCU) ke-23, yang akan dihadiri dari 47 universitas anggota dari delapan negara di Asia Timur maupun Tenggara.

Rektor Prof Dr Y Budi Widianarko menyampaikan, penyelenggaraan ASEACCU kali ini beda dibandingkan dengan pelaksanaan event yang sama sebelumnya.

“Ada beberapa perbedaan, diantaranya student camp yang mulai dua hari lebih awal dari pelaksanaan konferensi. Pelaksanaan ASEACCU pada 25-29 Agustus 2015. Peserta kali ini juga lebih banyak dibandingkan saat pelaksanaan kegiatan serupa sebelumnya di Filipina,” kata Prof Budi di Unika Soegijapranata, Kamis (20/8).

Mahasiswa yang mengikuti student camp ada 82 orang dari Taiwan, Jepang dan negara lain yang universitasnya tergabung dalam ASEACCU. Mereka akan mengikuti sejumlah kegiatan bertema Religious Service Learning di dua tempat, di SD Kuncup Melati dan Desa Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. “Ikut serta pula dosen pengamat dari universitas lain yang mengikutsertakan mahasiswanya maupun tidak,” tambahnya.

Adapun konferensi akan dihadiri sekitar 200 peserta, merupakan rektor serta pengambil kebijakan dari universitas anggota ASEACCU. Tema untuk pelaksanaan kali ini sambung Prof Budi, Catholic Higher Education and Religious Inclusiveness.

“Prof Dr Ahmad Syafii Maarif kami undang sebagai pembicara utama dalam konferensi yang membicarakam inklusivitas agama dan peranan perguruan tinggi Katolik dalam masyarakat yang majemuk. Beliau didampingi Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia Mgr Ignatius Suharyo,” papar Prof Budi.

Pihaknya sengaja memilih tema tersebut, untuk mempromosikan kekayaan Indonesia dan terutama Jawa Tengah. Tidak sekedar kekayaan alam tetapi juga kuliner, etnis dan agama yang semuanya hidup berdampingan dengan damai selama berabad-abad.

(Puthut Ami Luhur / CN26 / SM Network)

sumber : suaramerdeka.com

Kategori: