Unika Luncurkan Game Bersih-bersih
Sabtu, 15 Agustus 2015 | 10:02 WIB

KR 14_08_2015 Unika Luncurkan Game Bersih-bersih

SEMARANG (KRjogja .com)– Baru-baru ini program studi Sistem Informasi Unika Soegijapranata Semarang meluncurkan satu lagi permainan berbasis Android di Google Play Store. Permainan digital ini dibuat sejumlah mahasiswa konsentrasi Game Technology dan diberi nama Let’s Clean, mengambil lokasi di beberapa lokasi wisata Jawa Tengah.

“Tujuan pembuatan game ini selain untuk menumbuhkan kesadaran kebersihan di lingkungan sekitar, juga untuk mengenalkan lokasi-lokasi wisata di Jawa Tengah dan menumbuhkan kebanggaan akan kekayaan wisata daerahnya. Sehingga tiga manfaat dapat tercapai sekaligus” kata ketua program studi Sistem Informasi Unika, Brenda Chandrawati, MT.

Lokasi yang diperkenalkan pada game, ujar Brenda, saat ini adalah wisata di daerah Semarang dan sekitarnya, antara lain Lawang Sewu, Candi Gedong Songo, dan Stasiun Ambarawa. Namun lokasi-lokasi ini masih akan bertambah dengan melihat adanya bagian yang masih dikosongkan di halaman depan permainan.

“Dukungan dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Aribowo juga menjadi dorongan bagi program studi kami untuk menarik banyak pihak ke dalam permainan ini” tambah Brenda.

Pada awal puasa yang lalu, tandas Brenda, jurusan yang mendukung aliran edugame atau game berbasis edukasi ini juga meluncurkan game  “Berkah Ramadhan” sebagai bentuk edukasi kepada anak-anak akan pentingnya puasa.

Saat ini beberapa sekolah di Semarang, seperti Kebon Dalem, YSKI, dan Karangturi telah menjalin kerjasama dalam pelatihan pengembangan game edukasi untuk guru dan ekstra kurikuler untuk siswa-siswanya.

Menurutnya, aliran edugame atau game edukasi yang dikembangkan di dalam program studi Sistem Informasi merupakan bentuk perjuangan dalam menghasilkan permainan-permainan digital yang positif dan membantu banyak pihak terutama anak-anakdan sekolah. (Sgi)

sumber : KRJogja/14_08_2015

Kategori: