“Ugahari-Mandiri” Sederhana dan Mandiri
Rabu, 12 Agustus 2015 | 17:38 WIB

 

PTMB 2015 Unika - foto https://www.facebook.com/vena.purnamasari?fref=photo

Selama tiga hari (12-14 Agustus 2015) Universitas Katolik Soegijapranata akan menyambut dan mendampingi para mahasiswa baru angkatan 2015 dengan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) 2015 dari berbagai Program Studi, mereka akan mengikuti kegiatan yang ditujukan untuk mengenal Unika Soegijapranata dan program studi yang dipilih. Mahasiswa baru juga akan diajak memahami proses perkuliahan di universitas yang berbeda dengan saat di sekolah menengah.

Kegiatan PTMB Unika Soegijapranata setiap tahun selalu dikembangkan searah dengan tema karya yang berganti setiap tahun, yang digali dari nilai-nilai universal yang diperjuangkan oleh Mgr.Soegijapranata, uskup pertama pribumi yang namanya diabadikan menjadi nama Universitas ini. Tahun 2015 ini tema PTMB adalah “Ugahari-Mandiri”, yang berarti sederhana dan mandiri. Tema karya ini mengandung pesan agar mahasiswa baru sebagai bagian dari Unika mengembangkan nilai-nilai kesederhanaan, rendah hati, tidak berlebihan, mau bekerja keras dan tidak tergantung orang lain.

Di samping tema yang disiapkan secara khusus oleh tim dari The Soegijapranata Institute, PTMB 2015 mencoba semakin menjauhkan proses orientasi mahasiswa baru dari kekerasan serta perpeloncoan. Selain telah diselenggarakan pelatihan untuk mendorong panitia Fakultas mendesain aktivitas yang simpatik, selama pelaksanaan PTMB juga diadakan lomba bagi panitia Fakultas yang menyelenggarakan acara PTMB secara kreatif dan informatif. Unika juga menyiapkan hotline pengaduan 24 jam di nomor 0813 90000 132. Hal ini sebagai bagian dari upaya untuk mengantisipasi terjadinya tekanan kekerasan yang tidak perlu pada masa orientasi mahasiswa baru.

Pada Rabu, 12 Agustus 2015, di hari pertama PTMB seluruh peserta akan serentak diberi materi mengenai “Ugahari-Mandiri” yang dikemas secara kontekstual sedekat mungkin dengan dunia mahasiswa. Kurang lebih 30 dosen yang dilatih secara khusus bertindak sebagai fasilitator, dibantu oleh co fasilitator yakni mahasiswa yang juga telah mendapat pelatihan khusus. Pada hari kedua dan separuh hari ketiga mahasiswa baru diajak untuk mengenal lebih dekat tentang Program Studi/Fakultasnya. Menjelang sore Jumat 14 Agustus seluruh peserta akan melakukan upacara penutupan yang sederhana namun tidak mengurangi kegembiraan karena mahasiswa baru telah menjadi bagian dari sebagai keluarga besar Unika Soegijapranata. (lt/u3)

Kategori: