Sukses Berawal Dari Satu Langkah Kecil
Selasa, 18 Agustus 2015 | 12:12 WIB

“Sukses itu berarti menjadi berhasil dalam setiap peran” inilah ungkapan Anton Septian P.H mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian – Jurusan Teknologi Pangan ketika diwawancarai Kronik. Anak kelahiran Surakarta,11 September ini adalah pendiri dan pemilik Moo’s Kithcen, sebuah kedai makan dan minum di deretan kampus Unika Soegijapranata.

Anton Septian berdiri di paling kiriMoo’s Kitchen berdiri sejak 1 November 2013, awal mula dirintisnya usaha ini tidaklah mudah, berawal dari sebuah keinginan untuk mandiri, punya bisnis sendiri dan lepas dari orang tua secara finansial itulah yang menjadi motivasi bagi Anton ngebet banget buka usaha. Dimulai dari awal semester tiga Anton melakukan survei pasar disekitaran Unika, ternyata pada saat itu ‘cafe susu’ sedang menjadi trend di Semarang dan ini merupakan peluang usaha untuk mendirikan cafe susu di Unika yang dirasa akan potensial di Unika. Dari situlah dengan sumber daya yang ada Anton berani membuka usaha ini. Secara sederhana Anton yang juga saat itu adalah sumber tenaga kerja untuk usahanya sendiri melihat pasar konsumennya adalah anak-anak kos dan mahasiswa dan secara kebetulan juga menemukan tempat kosong di depan kosnya sehingga Anton makin semangat membuka usaha disana. Banyak proses yang dilalui Moo’s Kitchen, konsep usahapun ikut berubah sejalan dengan penyesuaian anemo di Unika. Bisa dibilang Anton ‘meraba-raba’ bisnis ini. Konsep sebagai ‘tempat nongkrong’ sampai konsep ‘delivery order’ pernah dilalui dan juga pergantian menu sajian di Moo’s Kitchen juga silih berganti berdasarkan tingkat kesukaan pelanggan. Anton menyadari kalau tempat yang dimilikinya bukanlah tempat nongkrong, Anton lebih mencari pergantian pembeli secara cepat dari pada pembeli yang berlama-lama duduk di meja makan. Hingga 2015 ini Moo’s Kitchen memiliki 14 varian rasa susu dan menu makanan Ayam Geprek dengan berbagai tingkat kepedasan.

Picture2Mengambil bidang ilmu teknologi pangan serta membuka usaha ini merupakan satu langkah kecil menuju mimpi besarnya. Berawal dari hobinya akan fitness dan kesukaannya pada bidang nutrisi dijadikannya bekal untuk menuju mimpi besarnya yaitu memiliki tempat kebugaran (fitness dan cafe makanan sehat). Anton bercita-cita memiliki usaha yang menyenangkan konsumen dimana Anton dan pelanggan dapat berbincang-bincang dalam topik kesehatan dan kebugaran tubuh.

Baginya membuka bisnis ibarat berkuliah dengan 9 sks. Banyak waktu dan tenaga yang dihabiskan untuk mengejar kesuksesan. Tidak hanya menggali ilmu dari perkuliahan, Anton juga memperlengkapi diri dengan banyak membaca buku-buku motivasi, buku menejemen, ikut seminar bisnis, dan tentunya banyak diterapkan di cafe nya. Setelah berdiri menggeluti bisnis ini muncul kepedulian Anton bagi banyak anak muda di sekelilingnya yang mengalami kebingungan ketika menjelang masa kerja. Anton mengamati mereka yang mampu mencicipi pendidikan di perguruan tinggipun belum tentu sukses, tapi disini Anton memotivasi para anak muda untuk berani mencoba, jangan takut gagal karena apabila kamu gagal, paling tidak kamu adalah orang yang lebih sukses dari mereka yang tidak pernah mencoba. Jadilah mahasiswa yang tahu tujuan hidupmu, dalam empat tahun masa kuliah milikilah lompatan yang besar namun awali dengan langkah kecil yang sejalan menuju tujuanmu. Selamat berjuang dan jadilah sukses! (jow)

Kategori: ,