Romo Sastra Terima Penghargaan Unika
Kamis, 6 Agustus 2015 | 9:04 WIB

SM 2015_08_05 Romo Sastra Terima Penghargaan Unika

SEMARANG -Tujuan pendidikan bukan kecerdasan individu, tetapi kecerdasan bangsa. Itulah salah satu pemikiran Prof Dr Michael Satrapratedja SJ yang akrab disapa Romo Sastra.

Rektor Unika periode 1989-1993 itu dikenal mempunyai ide-ide kuat berkait kemanusiaan, khususnya dalam bidang pendidikan. Menurutnya, pendidikan yang humanis adalah pendidikan yang membuat manusia menjadi lebih manusiawi. Pendidikan selalu menghargai keunikan setiap peserta dan mengembangkan kelebihan yang dimiliki. Manusia dihargai dan berkembang semakin menjadi manusia setelah menjadi peserta pendidikan.

Lantaran pemikiran yang kuat itu, namanya diusulkan oleh anggota Senat Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata sebagai salah satu nama yang dipandang layak menerima penghargaan dalam Dies Natalis Unika, bertema ”Membangun Kemanusiaan”.

”Penghargaan Unika Soegijapranata ini diberikan kepada Romo Sastra karena kepemimpinan, prestasi, dan pengabdiannya dalam dunia pendidikan,” kata Rektor Unika, Prof Budi Widianarko, kemarin.

Selama mengabdi di Unika, Romo Sastra menekankan pendidikan yang memanusiakan mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat belajar memilih sesuatu dengan baik dan mampu beradaptasi. Baginya, universitas adalah komunitas belajar yang bertujuan melestarikan dan memajukan pengetahuan, mencari kebenaran, dan mengembangkan kekuatan intelektual manusia.

Dengan demikian, sebuah universitas seharusnya merupakan tempat kebebasan mimbar yang kritis menggali dan mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan. Semangat tersebut ditanamkan Romo Sastrapratedja kepada Unika Soegijapranata dengan membentuk kegiatan untuk mahasiswa, yakni ”Awaken the Giant Within”.

Bimbingan Manusiawi

Romo Sastra memberi contoh mengenai kedisiplinan, manajemen yang rapi, dan pembimbingan kepada mahasiswa secara manusiawi sesulit apa pun mahasiswa tersebut. Romo Sastra juga memotivasi dosen dan tenaga kependidikan untuk berani berkembang dan meninggalkan zona nyaman guna meraih prestasi yang lebih tinggi.

Humas Unika Soegijapranata, Yuwono Agus mengatakan, upacara penganugerahan penghargaan kepada Romo Sastra akan dilangsungkan Rabu (5/8). Selain pemberian penghargaan, akan disampaikan pula orasi ilmiah oleh Dr Y Bagus Wismanto bertema keluarga sebagai dasar segala pendidikan. Wismanto pernah menjadi Rektor Unika pada 2004-2009. (H89-37)

Kategori: