Mahasiswa Baru Unika Diberi Pembekalan Kemandirian
Rabu, 12 Agustus 2015 | 16:12 WIB

Rektor Unika Soegijapranata menyematkan pin kepada mahasiswa baru, sebagai tanda resmi mengikuti STMB, Rabu (12/8). (suaramerdeka.com/ Puthut Ami Luhur)

SEMARANG, suaramerdeka .com – Mahasiswa baru di Unika Soegijapranata mulai hari ini selama tiga hari, menjalani Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB).

Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Budi Widianarko menyatakan, dalam empat tahun ke depan mahasiswa baru ini diandaikan mengalami transformasi dari seorang anak ke dewasa.

“Dalam kerangka ini PTMB dapat dipandang sebagai penanda dan sekaligus langkah awal dari transformasi tersebut. Tiap tahun kami mengadakan kegiatan ini dan mengusung tema-tema tertentu,” kata Prof Budi di Kampus Unika Soegijapranata, Rabu (12/8).

Pagi tadi sekitar 1800 mahasiswa baru Unika Soegijapranata, dikumpulkan di lapangan basket kampus dengan mengenakan seragam batik. Prof Budi menyebut, pemakaian batik dengan tujuan tertentu.

“Terlihat meski berbeda-beda, ada yang mengenakan batik dari daerah asalnya tetapi tetap satu yaitu batik. Sekaligus cara yang paling mudah untuk membentuk ke-Indonesia-an, dengan mengenakan batik dengan mudah dapat dikenali dari Indonesia,” tuturnya.

Tema tahun ini, Ugahari yang berarti mandiri. “Keugaharian juga akan menyelamatkan kita semua dari persaingan yang dilandasi keirihatian. Lebih luas, tentu akan menyelamatkan dari kehancuran lingkungan. Keugaharian bisa membawa kita dalam harmoni, keseimbangan dan keselarasan,” bebernya.

Selain diberi materi dan praktek keseharian mengenai Ugahari, mahasiswa baru juga diberi pengenalan sekitar kampus. Fasilitas universitas, cara belajar perguruan tinggi dan orientasi fakultas yang dimasuki.

Dosen terlibat terus dalam pelaksanaan PTMB dan ikut mengenalkan serta memahami sosok Soegijapranata sebagai panutan Unika. Selalu setiap tahun mengambil, nilai-nilai Soegijapranata sebagai panutan yang tidak pernah habis.

(Puthut Ami Luhur/ CN33/ SM Network)

sumber : suaramerdeka.com/12_08_2015

Kategori: