FEB Unika Semarang Gelar Seminar Dampak Sosial Lingkungan Untuk Pebisnis
Minggu, 30 Agustus 2015 | 8:02 WIB

BERITA SEMARANG – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang menggelar Seminar “Semarang International Conference on Business Inclusiveness and Sustainability” yang mengangkat tema Strengthen Inclusive Business Sustainability Research and Practicies di hotel Grand Candi Semarang, Jawa Tengah Rabu (26/8/2015).

Pada kesempatan tersebut hadir sebagai pembicara antara lain, Prof. Lorne Cummings (dari Macquarie University, Australia), Prof. Hasan Fauzi (dari Universitas Sebelas Maret, Solo), dan Ir. I Made Surata, M. Si (Direktur Umum dan CSR PT Antam).

Ketua Panitia, Ranto P. Sihombing menjelaskan seminar ini sebagai wahana diskusi kepada masyarakat untuk meminimalisasi dampak negatif dari limbah Perusahaan.

Fokus dalam seminar sendiri membahas mengenai sosial dan lingkungan, yang merupakan konferensi rutin dari tahun 2012.

“Perusahaan yang berorientasi pada keuntungan, namun pada kenyataannya justru merugikan masyarakat perihal limbah industrinya,” ujar Ranto di sela-sela berlangsungnya seminar.

Namun, lanjut dia, langkah apa yang harus dilakukan pada pelaku bisnis di sebuah perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Itu tentunya harus dipikirkan.

Menurutnya, dengan diadakannya seminar ini untuk mewujudkan praktik tata kelola usaha yang baik dan berwawasan lingkungan, serta memberi sumbangsih pemikiran untuk mewujudkan praktek usaha.

Sementara itu Prof. Hasan Fauzi selaku pembicara lebih menekankan pada praktik bisnis di Indonesia. Sedang Prof. Lorne Cummings pada praktik bisnis di Negaranya. Mereka merupakan para pelaku bisnis.
Dalam seminar tersebut sedikitnya dihadiri 50 peserta yang terdiri dari dosen Unika dan dosen dari luar Unika. Bahkan ada pula mahasiswa dari Fillipina. (Nining)
sumber : www.beritaekspres.com

Kategori: