Dua Mahasiswi Unika Tempuh 21 SKS di Providence University Taiwan
Rabu, 19 Agustus 2015 | 14:25 WIB

viena-patrisiane-dan-stephani-inggrit

TRIBUNJATENG .COM, SEMARANG — Viena Patrisiane dan Stephani Inggrit adalah dua mahasiswi Unika yang beruntung karena dalam satu semester kedapan akan memperdalam ilmu dan pengalamannya di Providence University Taiwan.

Dua mahasiswi program studi sistem informasi Unika Soegijapranata itu akan mengambil 21 SKS di Taiwan dan akan kembali pada bulan Januari 2016.

Bagi Viena, keinginan untuk mengikuti pertukaran pelajar sudah muncul sejak semester 1 melalui sharing dosen mengenai peluang mahasiswa Sistem Informasi Unika Soegijapranata untuk memperluas wawasan pendidikan sampai ke luar negeri.

Senada dengan Viena, Inggrit bahkan sudah memperdalam kemampuan bahasa mandarinnya sejak satu semester lalu. Gadis yang juga menjadi seorang translater manga itu memang sangat menguasai bahasa Jepang, namun diakuinya kemampuan bahasa Mandarinnya tidak sebagus bahasa Jepang.

"Aku sudah belajar bahasa sana sejak satu semester lalu, sekarang sudah sangat siap, sebelumnya sudah bisa tapi ini memperdalam saja," tuturnya kepda Tribun Jateng. Sama dengan bahasa Jepang kemampuannya diasah secara otodidak.

Dilain sisi, Ketua program studi Sistem Informasi Brenda Chandrawati, MT, sejak awal pihaknya selalu menyampaikan informasi-informasi terbaru untuk memudahkan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pertukaran pelajar.

"Pada semester yang lalu, dua mahasiswa telah dikirim untuk mengikuti pertukaran pelajar di Universitas Assumption Thailand selama satu semester. Selain kemampuan bahasa Inggris, rasa percaya diri juga ikut meningkat sepulangnya dari sana. Disusul kemudian dengan tiga mahasiswa yang melakukan presentasi pada konferensi internasional  di Siam Technology College di Bangkok dan kunjungan ke program Technology Management di Universitas Assumption Thailand," beber Brenda dalam ketarangan tertulis kepada Tribun Jateng.

Ia menambahkan dengan jaringan alumni Unika Soegijapranata yang cukup banyak di Taiwan, proses persiapan menjadi lebih mudah. Terlebih, ACUCA atau asosiasi perguruan tinggi kristiani se-Asia, juga ikut membantu dalam menjembatani pertukaran pelajar ini. Unika Soegijapranata merupakan salah satu perguruan tinggi anggota ACUCA dari Indonesia. (*)

sumber : jateng.tribunnews.com/14_08_2015

Kategori: