Arising the Grateful Winner
Kamis, 27 Agustus 2015 | 10:21 WIB

UNIKA Soegijapranata berada di kota Semarang , Jawa Tengah , yang tepatnya berada di jalan PawiyatanLuhur IV / 1 Bendan . Selain memiliki tingkat akademik yang cukup diakui UNIKA Soegijapranata juga menjunjung tinggi tingkat kreatifitas dan kepedulian para mahasiswanya. Tuntutan tersebut memiliki makna yang mengajak mahasiswanya untuk menjadi manusia yang berguna bagi nusa , bangsa , dan seluruhnya , sama halnya seperti motto UNIKA yaitu Talenta Pro Patria Et Humanitate yang artinya Talenta terbaik di persembahkan demi Bangsa Negara serta Kemanusiaan.

Salah satu cara dari UNIKA Soegijapranata untuk membangun sisi kreatifitas, kepedulian dan kepemimpinan mahasiswa-mahasiswinya yaitu dengan mengadakan ATGW (Arising the Grateful Winner) yang dipelopori oleh Ferdinand Hindiarto pada tahun 2006 karena ia melihat para mahasiswanya yang sering “kupu-kupu” (kuliah-pulang kuliah-pulang). Sebenarnya, penggagas ATGW ialah Robbins Anthony dengan nama mula ATGW yaitu Awaken The Gaint Within, karena pada saat itu nama Awaken The Gaint Within sudah dipakai orang lain, kemudian dua orang penting dari UNIKA Soegijapranata dipanggil dan diberi dua pilihan : Pertama, tetap memakai nama Awaken The Gaint Within tetapi harus meminta izin kepada penggagasnya; Kedua, menggunakan singkatan ATGW namun dengan kepanjangan yang berbeda. Akhirnya, nama Awaken The Gaint Within yang digunakan untuk acara tersebut. ATGW juga mengharuskan mahasiswanya bertindak lebih aktif lagi dalam kehidupan sehari-harinya, oleh karena itu dibentuklah sebuah tugas bagi para peserta ATGW yaitu Action Plan dengan tujuan agar tugas ini dapat mengasah soft skill dari mahasiswa dan menambah jaringan pertemanan antar mahasiswa UNIKA Soegijapranata.

Survei mengenai pendapat dari beberapa peserta yang telah mengikuti ATGW adalah para mahasiswa merasa dapat menjadi pribadi yang lebih memiliki jiwa yang kritis, kreatif, visioner dan beberapa dari mereka mendapat sifat kepemimpinan yang lebih, ATGW ini juga dapat meningkatkan rasa peduli seorang mahasiswa terhadap lingkungan sekitarnya. (atgw-elitw)

Kategori: