PELUANG MAHASISWA UNTUK MENJADI AKUNTAN DALAM MENGHADAPI MEA
Kamis, 2 Juli 2015 | 11:11 WIB

_DSC0776“Mahasiswa akuntansi Unika Soegijapranata berpeluang besar dalam mengikuti ujian CPA dan akan di buka test center di Semarang yaitu di Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata dan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)” demikian hal tersebut disampaikan oleh Bapak Ranto Sihombing dalam acara “seminar peluang mahasiswa untuk menjadi akuntan dalam menghadapi MEA”, yang diadakan di Ruang Teater Gedung Thomas Aquinas, Unika Soegijapranata (26/6)

Hal lain dibahas juga dalam seminar bahwa Indonesia akan menghadapi permasalahan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) atau pasar tunggal di Asia Tenggara yang akan mulai pada akhir 2015. Salah satu tantangan yang mungkin akan dihadapi adalah jumlah akuntan di Indonesia masih di nilai kurang jika dibandingkan dengan populasi penduduk Indonesia yang saat ini mencapai 250 juta jiwa. Disamping itu tenaga profesi akuntan di Indonesia jika diprosentase dalam kategori usia jumlahnya terbatas, karena hampir 58% tenaga akuntan di Indonesia berusia di atas 50 tahun. Hal tersebut menjadi keprihatinan tersendiri dan  harus segera dipikirkan jalan keluarnya.

Namun sisi lain potensi market jasa akuntansi di Indonesia sangatlah besar. Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut maka salah satu cara yang bisa ditempuh adalah perlu adanya  mekanisme ujian CPA dan CPD serta dukungan dari pemerintah supaya lulusan S1 Akuntansi di perguruan tinggi di Indonesia yang cukup banyak yaitu sekitar 35 ribu per tahun dapat memiliki sertifikasi profesional.

Hal lain dengan tersedianya tenaga akuntan yang memiliki sertifikasi profesional maka terbuka pula peluang kerja bagi CPA dari Indonesia di negara ASEAN.

Hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut yaitu:

►Bapak Mochamad Achsin, ketua Dewan Sertifikasi IAPI, Wakil ketua Komite Profesi Akuntan Publik (KPAP), selaku dosen S-1, S-2, dan S-3 Akuntansi FEB UB Malang

►Bapak Franky Jamin, selaku Ketua Dewan Penguji CPMA

►Bapak Ranto Sihombing, sebagai pengajar mata kuliah Akuntansi Sosial dan Lingkungan (CSR)

Seminar ini banyak dihadiri oleh mahasiwa Unika terutama jurusan Akuntansi Unika Soegijapranata

 

Kategori: ,