Mencicip Cara PBB Bersidang
Kamis, 9 Juli 2015 | 10:23 WIB

AnYgS7mhYX0l2sinok9c64w79xv2X3H1jaQ4EVE3szksAda sebuah pepatah dalam bahasa Inggris yang berbunyi, ‘field preparation can yield good results’. Terjemahan bebasnya, sawah yang digarap dengan baik akan berbuah melimpah. Pepatah itu mau mengatakan bahwa kualitas persiapan berbanding lurus dengan hasil.

Sekelompok mahasiswa Unika Soegijapranata yang menjadi peserta LIMUN (London International Model United Nation) dan WMUN (World Model United Nation) tahun ini mencoba mengimplementasikan pepatah di atas. Mereka mengadakan sebuah acara gathering yang tujuan intinya menarik minat mahasiswa agar berani menjadi peserta ajang semacam ini.

“Kami menyelenggarakan ini agar para mahasiswa berani mengejar pengalaman baru yang berharga. Misalnya bertemu dan berdiskusi dengan mahasiswa dari belahan dunia yang berbeda,” tutur Kinanti Widyaningsih, mahasiswi Fakultas Psikologi yang beberawa waktu lalu menjadi peserta LIMUN di London.

Mahasiswi yang karib disapa Kiki ini juga menceritakan bahwa dalam ajang tersebut para peserta melakukan simulasi sidang PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa).

“Dalam sidang tersebut kami berdiskusi untuk menyelesaikan sebuah isu di suatu negara. Waktu itu aku dapet masalah di negara Burkina Faso. Negara itu terletak di Afrika Barat. Nah, mau nggak mau kan wawasan internasional kita harus di-upgrade,” imbuhnya.

Acara yang diikuti oleh 20-an mahasiswa ini diselenggarakan di Gedung Antonius pada hari Jumat (3/7). (teodomina)

Kategori: , ,